in

Luhut Pastikan Stok Vaksin Aman, Jateng Siap Genjot Vaksinasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau vaksinasi untuk pelajar di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021).

 

HALO SOLO – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan stok vaksin nasional saat ini dalam kondisi aman. Pasalnya, saat ini ada 70 juta dosis vaksin yang bisa memenuhi kebutuhan daerah.

“Stok vaksin kita dalam kategori aman, saat ini ada 70 juta. Bisa untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di daerah,” ujar Luhut saat meninjau vaksinasi untuk pelajar di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021).

Didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Luhut menegaskan, untuk target vaksinasi per hari, tidak ada lagi yang 100 orang per hari. “Yang ada 10.000 orang per hari,” tandasnya.

Menurut dia vaksinasi di Solo ditargetkan selesai bulan Agustus ini. Sehingga diharapkan bisa terbentuk kekebalan komunal.

Untuk di karesidenan Solo Raya yang meliputi 6 kabupaten/kota ditargetkan selesai bulan September.

“Solo Raya bulan Agustus ini mencapai 75 persen. Sekarang baru terealisasi 69 persen,” jelasnya.

Luhut menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Menkes untuk merealisasikan target 75 persen vaksinasi di Solo Raya akhir bulan ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, pihaknya siap untuk melakukan arahan dari Luhut terkait melakukan percepatan vaksinasi.

“Siap, insya-Allah di bulan ini. Kalau bisa bulan ini digenjot,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, bahkan untuk saat ini Karesidenan Solo menjalankan vaksinasi dengan baik. Tak terkecuali Kabupaten Sragen yang vaksinasinya sempat rendah saat ini mengalami kenaikan.

“Kabupaten Sragen juga awal (vaksinasi perhari) tiga ribu sekarang bisa mencapai 10 ribu sampai 15 ribu perhari,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengapresiasi vaksinasi di Solo Raya, bahkan dirinya mengatakan bahwa nakes di Solo siap melakukan vaksinasi booster atau vaksin tahap 3.

“Vaksinasi di Solo sudah bagus semua, nakes juga siap untuk melakukan vaksinasi dosis 3. Untuk stoknya bulan ini tadi Pak Luhut mengatakan kalau ada 70 juta,” katanya.(HS)

Share This

Hampir Sebulan Nelayan Bandengan Kesulitan Solar

Pemalang Masuk Level 4, Warga Diminta Tingkatkan Penerapan Prokes