in

LPTQ Purworejo Fokus Evaluasi Program Kerja

Musyawarah Daerah LPTQ Tingkat Kabupaten Purworejo, Jumat (17/9), di aula Gedung KPRI Hikmah. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Keberadaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Our’an (LPTQ),  sangat penting dan strategis sebagai wahana pengembangan tilawatil Qur’an. LPTQ juga berperan mensyiarkan agama Islam, membina mental spiritual umat, serta sebagai wadah pembinaan dan pengembangan dakwah.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Kesra Setda Purworejo, Drs H Fathurrahman MM, ketika membuka Musyawarah Daerah (Musda) LPTQ Purworejo, Jumat (17/9), di aula Gedung KPRI Hikmah.

Musda dihadiri Kepala Kantor Kemenag H Fatchur Rochman MPdI, Ketua MUI Purworejo KH Achmad Hamid dan diikuti pengurus LPTQ, camat, Kepala KUA, serta Ketua LPTQ Kecamatan se Kabupaten Purworejo.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan LPTQ berperan penting untuk meningkatkan semangat umat Islam, dalam membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

Oleh karena itu, Bupati berharap kepada seluruh pengurus LPTQ, untuk lebih inovatif dalam menjalankan fungsinya, demi mendorong umat, agar selalu lebih dekat dengan kalam-kalam ilahi.

“Seluruh jajaran LPTQ harus benar-benar bekerja secara profesional dalam upaya mencapai cita-cita luhur untuk membumikan Al-Qur’an,” kata Bupati, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Bupati menambahkan, Musda LPTQ  yang dilaksanakan ini, bernilai strategis karena bertujuan menghasilkan sejumlah putusan yang inovatif, dalam pola pengembangan tilawatil Qur’an di Kabupaten Purworejo.

Melalui Musda ini, diharapkan muncul program-program baru yang akan mengokohkan eksistensi LPTQ di tengah masyarakat, serta guna menjalin ukhuwah, komunikasi, koordinasi dan mempersiapkan pelaksanaan MTQ di masa yang akan datang.

“Meski dalam situasi pandemi, kita tetap harus berani mentargetkan agar kafilah Kabupaten Purworejo bisa berprestasi baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Dan yang lebih penting, mari bersinergi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Purworejo yang Qur’ani,” imbuh Bupati.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Purworejo terpilih masa bakti 2021-2024, H Budiman Rahim SPdI menjelaskan Musda saat ini fokus untuk mengevaluasi program kerja LPTQ Kabupaten Purworejo yang telah dikerjakan.

Selain itu, Musda digelar dalam rangka untuk meningkatkan dan memberdayakan LPTQ di semua tingkatan, serta melakukan konsolidasi dan peningkatan kinerja LPTQ.

Menurutnya, pencapaian tujuan dan keberhasilan Program LPTO ditentukan antara lain oleh manajemen serta mekanisme kerja yang sehat didukung sumber daya insani, sumber dana, sarana dan prasarana.

“Selain itu, keikhlasan pengurus untuk benar-benar meluangkan waktu merencanakan dan merealisasikan program kerja dengan konsisten juga menjadi faktor penentu keberhasilan,” ujar Budiman yang terpilih kembali menjadi Ketua LPTQ. (HS-08)

Share This

Milad Al- Irsyad Al- Islamiyyah Ke-107, Wakil Wali Kota Solo Ajak Bergandeng Tangan Atasi Wabah Covid-19

Bangun Kampung Semanggi Harmoni, Pemkot Solo Terima Cat dari PT Propan