in

Lomba Lukis Payung Kertas Digelar di Kendal, Lestarikan Budaya Yang Hampir Punah

Peserta lukis payung kertas di Kampung Ragam Warna, Dusun Mranggen, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, sedang asyik melukis payung kertas, pada Sabtu (11/12/2021).

HALO KENDAL – Lomba melukis payung kertas bagi anak-anak, kembali digelar Pemuda Kampung Ragam Warna, Dusun Mranggen, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Sabtu (11/12/2021) dan Minggu (12/12/2021).

Menurut panitia pelaksana, Diki Wahyu, dengan kegiatan ini, anak-anak bisa mengembangkan kreativitasnya, sekaligus ikut melestarikan budaya khas Kaliwungu ini.

“Harapannya anak-anak mengenal bahwa Kaliwungu khususnya Desa Kutoharjo memiliki kerajinan seni lukis payung yang menjadi kebanggaan. Jadi kerajinan seni lukis payung ini tetap ada yang meneruskan dan jangan sampai hilang,” ungkapnya, Minggu (12/12/2021).

Diki menjelaskan, seni lukis payung kertas Kaliwungu memiliki ciri khas, yakni ada pada perpaduan warna. Pakem gambar atau motif pada payung kertas adalah goresan dua atau tiga warna dalam satu sentuhan.

“Ciri khas tidak akan hilang dan tetap ada, meski saat ini motif dan gambar yang dituangkan mulai beragam, dengan motif lain, bahkan lukisan abstrak,” ujarnya.

Ditambahkan, payung-payung kertas yang sudah dilukis ini, kemudian akan dipajang di sepanjang jalan Kampung Ragam Warna untuk menambah nilai seni di kampung ini.

“Payung-payung kertas yang sudah dilukis juga akan kami pamerkan di luar Kendal untuk mengenalkan kembali produk kerajinan unggulan Kaliwungu yang mulai punah,” imbuh Diki.

Sementara salah seorang peserta, Rayhan mengaku, melukis di atas media payung kertas itu agak sulit. Karena medianya tidak datar.
Siswa PAUD Al Hikmah Kaliwungu bersama anak-anak lainnya asyik melukis payung kertas menggunakan cat warna-warni.

“Tadi gambarnya bunga pakai cat warna-warni,” ungkap Rayhan sambil melukis.(HS)

DPD KNTI Kota Semarang: Hari Nusantara Momentum Pemenuhan Hak Nelayan

UFC 269: Kalahkan Dustin Poirier, Charles Oliveira Masih Yang Terkuat Di Kelas Ringan