in

Loket.com Mulai Bidik Segmen Event Creator Semarang

Rama Adrian, VP Consumer Solution LOKET dan Jojo Trijoko, Marketing Manager Loket.com dalam konferensi pers LOKET Roadshow di Impala Space, Semarang hari ini (18/3).

 

HALO SEMARANG – Loket sebuah perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia menggandeng berbagai komunitas di beberapa daerah di Indonesia untuk semakin memperkenalkan salah satu layanan unggulannya, yaitu platform Loket.com. Tujuannya tak lain agar para komunitas ini dapat menjadi event creator lokal yang mampu mendukung industri kreatif daerah mereka. Salah satunya adalah Kota Semarang. Kota ini dibidik karena terkenal sebagai destinasi wisata dengan berbagai aktivitas kreatif yang beragam dari para anggota komunitasnya.

Rama Adrian, VP Consumer Solutions Loket mengungkapkan, bahwa Kota Semarang merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan event tertinggi di Indonesia. “Dari data internal kami menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, pertumbuhan event di Semarang yang bekerja sama dengan Loket.com menunjukkan kenaikan secara signifikan hingga 400%. Dengan kategori event terbanyak didominasi oleh workshop sebesar hampir 40%, konferensi lebih dari 17%, dan festival umum sebesar hampir 11%. Kemudian pertumbuhan event tertinggi terlihat di bulan Desember, Februari, dan Juli,” jelas Rama dalam konferensi pers Loket Roadshow di Impala Space, Semarang, Senin (18/3/2019).

Lebih lanjut Rama menjelaskan, beranjak dari data tersebut, pihaknya melihat bahwa tidak hanya semakin banyak individu dan komunitas kreatif baru yang tumbuh, tetapi gelaran event-event tersebut juga secara langsung turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang. Dengan semakin banyak event-event kreatif yang digelar juga mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung ke ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar-pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional, di mana seiring dengan kemajuan teknologi informasi menyebabkan semakin banyak masyarakat yang bergantung pada pilar-pilar kreatif ini. Guna mendorong pertumbuhan ini, kami sebagai perusahaan teknologi terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para event creator dan audiens,” jelas Rama.

Jojo Trijoko, Marketing Manager Loket.com menjelaskan, bahwa konsep self-service yang diterapkan pada platform Loket.com merupakan konsep hasil inovasi Loket yang ditujukan untuk membantu para event creator dalam mengelola event mereka secara mandiri.

“Konsep ini kami pilih atas pertimbangan karakter target market kami dari kalangan event creator dari individu dan komunitas, khususnya kalangan millenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket,” jelas Jojo.

Jojo melanjutkan bahwa fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya.

“Selain itu, untuk pertama kalinya event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP), salah satunya GO-TIX yang kini dikelola oleh Loket. Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GO-PAY, di mana proses pembelian tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” jelas Jojo.

Selain mendorong pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata di daerah, LOKET juga melihat bahwa pembuatan dan pengelolaan event ini juga menjadi ajang aktualisasi diri para insan kreatif Semarang di mana sebagian besar didominasi oleh generasi millenial. Loket menilai bahwa pembuatan dan pengelolaan event dapat menjadi salah satu cara millenial untuk memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri tersebut dengan cara yang menyenangkan dan tentunya menghibur.(HS)

Manajemen PSIS Kecewa, Hasil Piala Presiden dan Piala Indonesia Meleset dari Target

Congrock 17 Makin Matang di Usia yang Tak Lagi Muda