in

Lindungi dari Korona, 2.300 Ibu Hamil di Sukoharjo Jadi Sasaran Vaksinasi

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani menyaksikan pemberian vaksin Coviod-19 untuk ibu hamil di di RSUD Ir Soekarno, Kamis (19/8). (Foto : Sukoharjokab.go.id)

 

HALO SUKOHARJO – Sebanyak 2.300 ibu hamil di Kabupaten Sukoharjo, akan menjadi sasaran vaksinasi korona. Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) mendorong agar ibu hamil mendapatkan vaksin, karena mereka termasuk kelompok rentan.

Dalam pencanangan vaksinasi corona untuk ibu hamil di di RSUD Ir Soekarno, Kamis (19/8), Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani mengatakan pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan masyarakat, termasuk di antaranya dengan vaksinasi pada ibu hamil tersebut.

Dia mengatakan ibu hamil di Sukoharjo yang menjadi sasaran vaksinasi, mencapai 2.300 orang. Adapun untuk kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Kamis (19/8), adalah sebanyak 200 orang.

“Ada 200 ibu hamil yang divaksinasi dan dilakukan di tiga tempat, masing-masing RSUD Ir Soekarno, Puskesmas Sukoharjo, dan Puskesmas Bendosari,” ungkap Bupati, seperti dirilis Sukoharjokab.go.id.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, saat ini kasus positif corona di Sukoharjo mengalami kenaikan. Bahkan Sukoharjo masih melaksanakan PPKM Level 4. Kondisi tersebut menjadi keprihatinan dan harus diatasi bersama.

Menurutnya, dalam upaya mengendalikan dan mengatasi dampak pandemi corana, harus dilakukan melalui kerja sama dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sukoharjo.

Selama ini, lanjutnya dalam mengatasi dampak pandemi corona sudah dilakukan berbagai upaya, tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan semata, namun juga melalui pemberian vaksinasi.

“Vaksinasi ibu hamil harapannya para ibu hamil dan calon bayinya dapat terjaga dan terlindungi dari virus corona,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan apresiasi untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut. Harapannya, semoga kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil ini dan kegiatan-kegiatan vaksinasi kepada kelompok sasaran masyarakat lainnya di Kabupaten Sukoharjo berjalan dengan lancar dan mencapai target yang sudah direncanakan.

Sementara itu dalam pencanangan vaksinasi untuk ibu hamil tersebut, hadir pula para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ketua POGI Solo, Supriyadi Hari Respati.

Menurut Supriyadi, ibu hamil rentan terkena virus corona, sehingga didorong untuk segera mengikuti vaksinasi. Jika ibu hamil terpapar corona, maka akan mengalami tiga kali lebih sakit dibandingkan yang tidak hamil.

Risiko kematian ibu hamil yang terpapar corona juga cukup tinggi. Untuk itulah POGI mendorong percepatan vaksinasi untuk ibu hamil. Supriyadi menambahkan, vaksinasi untuk ibu hamil ditargetkan selesai Oktober mendatang. (HS-08)

Share This

Walau Balajar secara Virtual, Siswa di Demak Tetap Berprestasi

Kebutuhan Oksigen Medis Berkurang, Bupati Sukoharjo Berharap Angka Covid-19 Turun