Lima Rumah Tidak Layak Huni Direhab

 

HALO BANYUMAS – Sebanyak lima warga Desa Patikaraja, Kecamatan Patikaraja, Kabupaten Banyumas, menerima bantuan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Nilai bantuan yang berasal dari Ikatan Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (IPOJK) Komisariat Purwokerto tersebut, sebesar Rp 15 juta per keluarga.

Kepala OJK Purwokerto, Sumarlan mengatakan bantuan tersebut berasal dari iuran bulanan para karyawannya, sebagai kepedulian terhadap masyarakat.

Total nilai bantuan sosial yang diberikan sebanyak Rp 114 juta lebih. Dari jumlah itu, bantuan untuk rehabilitasi lima unit RTLH adalah Rp 75 juta. Dengan demikian setiap keluarga menerima Rp 15 juta.

Selain untuk RTLH, bantuan sosial juga diberikan untuk renovasi Masjid Al Barokah Desa Patikraja sebesar Rp 14.910.000, dan renovasi gedung sekolah Hayuba Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Rp 25 juta.

Desa Patikaraja dipilih sebagai lokasi sasaran bantuan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banyumas.

“Setelah kami berkoordinasi dengan Bappedalitbang dan Dinperkim, kami mendapat data lima keluarga penerima bantuan. Setelah kami survei, mereka layak menerima,” kata Sumarlan, sesuai acara penyerahan bantuan, di Kompleks Pendapa Sipanji Purwokerto, belum lama.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, menyampaikan apresiasinya terhadap OJK Komisariat Purwokerto. Menurut dia, OJK Purwokerto telah bersinergi dengan pemerintah daerah, demi mensejahterakan masyarakat.

Saat ini terdapat puluhan ribu RTLH yang harus direhabilitasi. Namun, kerena keterbatasan anggaran, pemerintah hanya bisa membangun RTLH sekitar 3.000-4.000 per tahun.

“Karena itu dengan bantuan dari OJK ini akan memotivasi perbankan dan perusahaan lain untuk membantu masyarakat Banyumas, mengingat di Banyumas masih ada 80 ribu lebih rumah yang perlu direhab,” kata Husein.

Kusworo warga RT 03 RW 01 Desa Patikraja bersyukur telah menjadi salah satu penerima manfaat bantuan dari OJK Purwokerto.

“Akan saya gunakan untuk perbaikan rumah, yang saat ini sudah rusak,” katanya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.