Libur Panjang, Jumlah Penumpang Kereta Api Melonjak

Foto ilustrasi kereta api PT KAI.

 

HALO SEMARANG – PT KAI Daops 4 Semarang mencatat okupansi atau keterisian penumpang kereta api (KA) jarak jauh berbagai jurusan, pada akhir libur cuti bersama tahun baru Islam pada 19-23 Agustus 2020 mengalami peningkatan signifikan.

Manager Humas PT KAI Daops 4 Semarang, Krisbiyantoro menyatakan, libur panjang cuti bersama pada Agustus ini berdampak terhadap okupansi KA di berbagai jurusan jarak jauh.

Menurutnya, sejumlah KA yang mengalami lonjakan penumpang menjelang akhir libur bersama meliputi jurusan Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

“Tingkat okupansi mencapai 90% lebih. Tercatat pada 23 Agustus 2020 terjadi lonjakan penumpang pada KA Argo Anggrek malam, KA Argo Sindoro, KA Sembrani, KA Harina, KA Jayabaya, KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya dan KA Joglosemarkerto,” ujarnya di Stasiun Tawang Semarang, Jumat siang (21/082020).

Krisbiayantoro menambahkan, KAI secara bertahap terus menambah jumlah perjalanan KA dengan pola operasi yang disesuaikan dengan permintaan pasar.
Selama libur panjang empat hari mulai tanggal 19 hingga 23 Agustus 2020, dijalankan sejumlah KA ke sejumlah jurusan.

“Pada tanggal 23 Agustus akan dijalankan KA Blora Jaya rute Cepu – Semarang Poncol dan KA Ambarawa Ekpres Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi. Sebelumnya KA Dharmawangsa rute Surabaya Pasarturi- Jakarta Pasar Senen dan KA Ciremai SM Tawang – Bandung juga telah dijalankan dengan pola hari tertentu,” katanya.

Agustus ini, lanjutnya, sudah dioperasikan 53 KA atau 64% dari jumlah total 81 KA yang melintas di Daop 4 Semarang.

“Adapun rinciannya sebanyak 39 KA jenis antarkota dan 14 KA jenis KA perkotaan,” tuturnya.

Penambahan perjalanan KA jarak jauh ini bertujuan untuk mengakomodir para pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada masa libur panjang.

Di sisi lain, lanjutnya, PT KAI juga menambah KA yang berjalan setiap hari, yang  sebelumnya perjalanan KA tersebut hanya pada akhir pekan dan tanggal tertentu saja.

“KA yang dijalankan kembali setiap hari adalah KA Matarmaja (Pasar Senen – Malang), KA Ciremai (Bandung – Semarang Tawang), KA Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang), KA Argo Sindoro (Semarang Tawang – Gambir), KA Kamandaka, KA Kaligung, KA Maharani, KA Tegal Ekpres dan KA Kedungsepur,” paparnya.

Untuk mengetahui pengoperasian KA, Krisbiyantoro menjelaskan, masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access untuk melihat info detail seluruh KA yang dioperasikan pada Agustus 2020 ini.

“Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.