Libur Akhir Tahun Bingung Mau Ke Mana? Ini Tujuh Tempat Wisata Menarik di Semarang

Foto ilustrasi: Kawasan Kota Lama, salah satu andalan wisata Kota Semarang.

 

AKHIR tahun bingung mau liburan ke mana? Apalagi saat ini masih ada pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Tak perlu jauh-jauh, karena Kota dan Kabupaten Semarang menawarkan segudang tempat wisata, mulai dari sejarah sampai alam yang menawan.

Oleh karena itu, Semarang pun menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur.

1. Kota Lama Semarang

Jejak peninggalan kolonial di Semarang dapat dijumpai di kawasan Kota Lama Semarang. Setelah ditata ulang oleh Pemkot Semarang dibantu Kementerian PUPR dan para pemilik gedung, kini pesona Kota Lama Semarang menjadi salah satu daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Banyak bangunan tua bernilai sejarah tinggi dengan nuansa Eropa yang pas dijadikan lokasi foto.

Di Kota Lama, pengunjung juga dapat bersantai di Taman Srigunting, membeli barang-barang antik, berkeliling dengan sepeda, atau berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk.

Fasilitas di Kota Lama yang tersedia, antara lain toilet, musala, restoran dan kafe, museum, juga penyewaan sepeda.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong salah satu situs sejarah tentang perkembangan budaya Tiongkok dipadu sejarah penyebaran agama Islam di Kota Semarang yang disebarkan seorang penjelajah dari China bernama Laksamana Cheng Ho.

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan Raya nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Tidak hanya bernuansa Tionghoa, klenteng ini juga memiliki nuansa Islam dengan corak pada langit-langit berwarna hijau dan terdapat bedug. Klenteng ini merupakan tempat ibadah cocok untuk wisata religi.

Namun tak jarang pengunjung datang untuk berburu foto. Klenteng ini biasanya menjadi tempat digelarnya festival, seperti peringatan HUT Sam Poo Kong dan hari raya Imlek.

3. Candi Gedong Songo

Candhi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udara di sini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C).

Lokasi sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

4. Museum Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata favorit yang terletak di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lawang Sewu didirikan pada 27 Februari 1904. Dulunya, tempat ini disebut Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatscappij.

Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu. Namun jumlah sebenarnya hanya 928 pintu dengan 425 frame dan 114 ruang kerja, tidak termasuk ruang meeting.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa.

Lawang Sewu juga dapat disewa untuk berbagai kegiatan, seperti pameran, pemotretan, syuting, pesta pernikahan, pentas seni, bazar, dan workshop.

5. Pantai Marina

Menikmati waktu bersama pasangan ditemani dengan panorama sunset menambah kesan romantis. Suasana seperti itu dapat dinikmati di Pantai Marina.

Pantai Marina terletak di utara Kota Semarang, tepatnya di Tawang Sari, dekat dengan Bandara Ahmad Yani.

Pengunjung juga dapat berwisata air dengan menyewa kapal dengan harga yang terjangkau. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan sembari menyantap masakan di warung makan dan bermalam di penginapan terdekat.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti yang berupa resort dan wisata alam di area pegunungan ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau pegunungan berpadu dengan langit biru luas dan panorama indah Rawa Pening.

Suasana yang ditawarkan dari Umbul Sidomukti begitu tenang dan menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan.

Selain menawarkan pemandangan indah, di sini juga tersedia wahana permainan yang memacu adrenalin, seperti flying fox, ATV, archery, berkuda, dan lainnya.

Resort Umbul Sidomukti menyediakan kedai kopi, kolam renang, sampai vila dengan model rumah kecil yang tenang dan nyaman.

7. Taman Margasatwa Semarang (Semarang Zoo)

Taman Margasatwa Semarang menjadi pilihan tepat untuk berwisata keluarga dan sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak.

Kebun binatang atau Semarang Zoo terletak di Jalan Raya Semarang–Kendal kilometer 17.

Tersedia wahana permainan, seperti waterboom, Play Play Zoo, naik gajah, naik sepeda air berkeliling danau, sampai menonton aksi satwa.

Pengunjung dapat mengunjungi Taman Margasatwa Semarang pada Senin–Jumat pukul 08.00-15.00 WIB. Pada Sabtu–Minggu atau hari Libur pukul 08.00-16.00 WIB.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.