Lewat Program Destara, BKOW Jateng Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Ketua Umum BKOW Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pemberdayaan ekonomi masyarakat, menjadi prioritas dalam program yang akan dilaksanakan Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah. Bidang ini dipilih karena pandemi Covid-19 telah berdampak buruk pada masyarakat.

“Kita semua, pemerintah dan masyarakat, harus bersinergi untuk bersama-sama keluar dari kesulitan bangsa ini. BKOW Provinsi Jawa Tengah, ikut berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan perempuan melalui program-program yang dilaksanakan,” kata Ketua Umum BKOW Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin, dalam Rapat Kerja ke-IV secara virtual, Kamis (18/02) di Rumah Dinas Jl Rinjani.

Nawal mengatakan pada tahun ini, akan dilaksanakan program Desa Sejahtera (Destara). Ada tiga kabupaten yang dipilih sebagai pilot project program ini. Dua di antaranya Kabupaten Klaten dan Sragen. Satu kabupaten lain, belum ditentukan.

“Indikator pemilihan daerah, akan berbasis data, yakni dengan kategori tingkat kemiskinannya tinggi,” tutur Nawal, seperti dirilis Jatengprov.go.id.

Pada program Destara nanti, kegiatan yang dilakukan yakni pelatihan, pendampingan, fasilitasi alat dan pemberdayaan ekonomi. Nawal mencontohkan, pelatihan yang bisa diselenggarakan adalah pengolahan buah nangka.

“Saya menemukan di satu desa di Kabupaten Klaten, banyak potensi dari pohon nangka. Mereka tidak bisa mengolahnya dan hanya diberikan kepada ternak. Saya rasa sangat-sangat disayangkan,” ucap Nawal.

Dengan adanya prioritas program kerja ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.