in

Lestarikan Permainan Tradisional, SDN Tugurejo 02 Semarang Gelar Karya dan Aksi

Kegiatan Galaksi SDN Tugurejo 02 Semarang, Kamis (20/6/2024).

HALO SEMARANG – SD Negeri Tugurejo 02 Satuan Pendidikan (Satpen) Kecamatan Tugu, Kota Semarang mengadakan Gelar Karya dan Aksi (Galaksi) dalam rangka puncak P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Pelestarian Permainan Tradisional Semarang, Kamis (20/6/2024).

Acara dilaksanakan dengan menyesuaikan kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan yang sudah diterapkan di SDN Tugurejo 02 di tahun ajaran 2024/2025.

Kegiatan Galaksi dihadiri oleh Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Semarang, Korsatpen Kecamatan Tugu, Lurah Tugurejo, Babinsa, Komite dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Tugu, serta orang tua siswa.

Kepala SDN Tugurejo 02, Nur Rakhmat MPd mengatakan, tema yang diambil selain sebagai bentuk nguri-nguri budaya, juga dilakukan untuk bisa memberikan gambaran nyata kepada siswa mengenai jenis permainan tradisional yang bisa ditemukan di lingkungan, utamanya di Kota Semarang.

Selain itu, tema permainan tradisional juga diselaraskan dengan tema kelas yang ada di SDN Tugurejo 02.

“Karena setiap kelas memiliki tema permainan sendiri sesuai dengan usia dan pemilihan siswa. Kelas satu dengan tema layang-layang, kelas dua dengan tema dakon, kelas tiga dengan tema terompah batok kelapa, begitu juga dengan kelas empat sampai enam dengan tema masing masing,” beber Nur Rakhmat.

Pada kesempatan itu dirinya juga menyampaikslan terima kasih kepada semua yang hadir, terutama kepada guru dan orang tua siswa yang telah mensupport acara sampai sukses dan berhasil bersama.

Nur Rakhmat menyebut, Kegiatan Galaksi terselenggara dengan sukses berkat kolaborasi antara SDN Tugurejo 02 dengan Mawgua (majelis wali siswa SDN Tugurejo 02) serta dukungan para sponsor.

Nur Rakhmat menambahkan, pada puncak kegiatan Galaksi juga ditampilkan berbagai tarian tradisional dan tari kreasi yang dipersembahkan oleh para siswa kelas 1 sampai 6 SDN Tugurejo 02.

Selain itu, dalam kegiatan juga diserahkan piagam penghargaan kepada orang tua inspiratif yang sudah mengisi kegiatan kelas inspiratif selama semester 2 sesuai dengan kelas masing masing.

“Sebagai gambaran kelas inspirasi di SDN Tugurejo 02 diisi oleh orang tua sesuai dengan keahlian masing masing. Ada yang mengajari siswa membuat cilok, membuat kue, merangkai kerajinan, dan juga membuat pot dari bahan bekas handuk, serta bentuk kegiatan inspiratif lainnya yang dilakukan orang tua,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Semarang, Aji Nur Setiawan memberikan sambutan serta motivasi kepada semua unsur sekolah untuk selalu berkolaborasi dalam kegiatan dan menyukseskan siswa.

“Mari kita dukung dan beri semangat anak-anak kita. Baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Sehingga bisa memberikan kesuksesan dan siswa yang berkarakter di dalamnya,” kata Aji.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran stand P5 dari setiap kelas yang dijaga oleh orang tua beserta siswa.

Adapun yang dipamerkan di stand setiap kelas adalah hasil karya siswa dan juga hasil karya bersama siswa serta orang tua. Hasil karya siswa seperti batik eco print, tempat pensil, pensil dari koran, makanan tradisonal, pot dari handuk, dan lain sebagainya.

Kegiatan dibuka dengan penampilan rebana SDN Tugurejo 02, yaitu grup Rebana Nurul Ilmi dan juga diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta dilanjutkan dengan laporan dari Sinta, selaku Ketua Panitia kegiatan Galaksi di SDN Tugurejo 02.(HS)

PSIS Perpanjang Kontrak Boubakary Diarra 2 Musim

Nana Sudjana Buka Popda Jateng 2024, Ribuan Peserta Bersaing untuk Jadi Yang Terbaik