in

Lepas Tengah Malam, Lima Gempa Guncang Indonesia

Sumber : BMKG

 

HALO SEMARANG – Lima gempa bumi mengguncang berbagai wilayah di Indonesia, sejak dini hari tadi.

Gempa pertama terjadi pukul 00:26:11 WIB dini hari tadi, dengan magnitudo 4,7.

Pusat gempa berada di darat, 38 km Barat Daya Parigi Moutong, dengan kedalaman 10 Km.

Beberapa menit kemudian, yaitu pada 00:32:38 WIB, gempa dengan skala magnitudo 4.2 pun menyusul.  Pusat gempa berada di darat, sekitar 39 km Barat Daya Parigi Moutong.

Tak lama kemudian, yaitu pukul 00:37:25 WIB, sebuah gempa dengan kekuatan 4.3 magnitudo, kembali terjadi di Barat Daya Parigi Moutong. Kali ini pusat gempa terjadi sekitar 41 Km wilayah tersebut.

Gempa lain terjadi pukul 04:07:50 WIB, dengan kekuatan 4,9 skala magnitudo. Gempa dengan kedalaman 21 Km ini, terjadi di Laut, sekitar 78 km Barat Daya Tegalbelued, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Beberapa jam kemudian, yaitu pukul 10:34:14 WIB, sebuah gempa berkekuatan 4.5 skala magnitudo dengan kedalaman 35 km, juga terjadi di laut, sekitar 66 Km sebelah selatan Pacitan.

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tegalbuleud Kab.Sukabumi II-III MMI. Di mana Getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho.

Hingga pukul 05:01 WIB tanggal 29 November 2020, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuh dia. (Dari berbagai sumber / HS-08)

Share This

Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 105 Orang, Kecamatan Salaman Terbanyak

Satlantas Polres Purbalingga Gelar Pelatihan Safety Riding