in

Lepas Santri Lirboyo Asal Kendal, Bupati Pesan Jaga ‘The Power of Silatuahmi’

Bupati Kendal, Dico M Ganindito saat melepas para santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, di Stadion Utama Kendal, Sabtu (6/5/2023).

HALO KENDAL – Jaga “The Power of Silaturahmi” dan kembangkan networking menjadi pesan yang ditekankan Bupati Kendal, Dico M Ganindito saat melepas para santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, di Stadion Utama Kendal, Sabtu (6/5/2023).

“Di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri nanti, adik-adik akan bertemu dan berinteraksi dengan belasan ribu santri dari daerah lain di seluruh Indonesia. Jadi manfaatkan momen tersebut untuk berkenalan dan bersilaturahmi. Sehingga bukan hanya ilmu umum dan keagamaan saja yang kita dapat, tapi juga jaringan atau networking yang bisa berguna untuk karier adik-adik semua,” tandasnya.

“Karena dengan memperbanyak teman, memperbanyak silaturahim dan membangun jaringan, mudah-mudahan bila ini diterapkan oleh adik-adik, Insya-Allah apa yang dicita-citakan adik-adik semua ke depan akan dikabulkan Allah Subhanahu wa ta’ala,” imbuh Dico.

Bupati juga berpesan, supaya para santri bisa memanfaatkan waktu belajar semaksimal dan seoptimal mungkin. Sebagai generasi penerus, para santri harus bisa membawa perubahan di daerahnya menuju ke arah yang lebih baik.

“Adik-adik santriwan dan santriwati Ponpes Lirboyo Kediri, kami minta untuk belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Karena santri sekarang bukan hanya dituntut akhlak yang baik, tapi juga otak yang pintar. Sehingga saat pulang nanti, bisa berkontribusi untuk kemajuan daerahnya,” harap Bupati.

Sekitar 400 santriwan dan santriwati Ponpes Lirboyo Kediri dengan menggunakan delapan bus yang dilepas Bupati Kendal didampingi Ketua PCNU Kendal, KH Mustamsikin dan dihadiri Forkopimda, juga para alumni Lirboyo yang tergabung dalam Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal), serta orang tua dan wali para santri.

Ketua Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Kabupaten Kendal, Subhan Idris mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah memfasilitasi keberangkatan para santri untuk menuntut ilmu agama di Ponpes Lirboyo Kediri.

“Ada 400-an santriwan dan santriwati yang diberangkatkan dengan delapan bus ke Ponpes Lirboyo tahun 2023 ini. Kabupaten Kendal merupakan terbanyak ketiga, yang mengirimkan santri ke Ponpes Lirboyo Kediri. Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang terus-menerus memfasilitasi keberangkatan para santri,” ungkapnya.

Sementara Ketua PCNU Kabupaten Kendal, KH Mustamsikin dalam sambutannya mengingatkan, para santri mempunyai kewajiban untuk fokus dalam menimba ilmu di pesantren. Selain itu, ada satu hal yang harus tetap diingat dan tidak boleh dilupakan, yakni pesan dan dukungan orangtua, dengan tetap menjalin komunikasi kepada orangtua.

“Pesan kami, semua santriwan dan santriwati ini bisa belajar sungguh-sungguh, dan menjadi santri yang bisa membawa kebanggaan orang tua dan keluarga,” ujarnya.

Mustamsikin juga mengingatkan, apabila ada santri yang tidak sungguh-sungguh menimba ilmu di Pesantren Lirboyo supaya tidak melanjutkan. Apalagi pemerintah daerah sudah mendukung para santri dalam hal transportasi.

“Fasilitasi yang diberikan Pemkab Kendal merupakan dukungan kepada para santri, dengan harapan setelah selesai belajar, para santri dapat kembali ke daerah asalnya dan dapat berkontribusi menyejahterakan masyarakat Kendal,” imbuhnya. (HS-06).

Antusiasnya Warga Surabaya Sambut Ganjar

Diisukan Bakal Hengkang, Septian David Maulana Perpanjang Kontrak Hingga 2026