in

Lepas Kontingan Asian Paragames Hangzhou, Pj Gubernur Jateng Targetkan Pulang Bawa Medali

Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana berbincang dengan salah satu atlet saat melepas sebanyak 37 atlet asal Jateng yang akan membela kontingen Indonesia pada perhelatan The 4th Asian Paragames Hangzhou 2023 di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Jumat, 13 Oktober 2023 malam.

HALO SURAKARTA – Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana melepas sebanyak 37 atlet asal Jateng yang akan membela kontingen Indonesia pada perhelatan The 4th Asian Paragames Hangzhou 2023.

Pelepasan atlet, pelatih, asisten pelatih, dan official itu dilakukan di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Jumat, 13 Oktober 2023 malam.

Nana menilai, banyaknya atlet yang tergabung National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng yang dikirim ke Hangzhou adalah kepercayaan yang diberikan negara untuk Jawa Tengah. Dari total 132 atlet yang mewakili Indonesia, 37 diantaranya berasal dari Jateng. “Ini suatu kepercayaan yang harus kalian pertanggungjawabkan,” kata Nana dihadapan para atlet.

Para atlet yang terpilih mewakili kontingen itu dianggap atlet-atlet terbaik di cabang olah raganya masing-masing. Sebab, pemilihan para atlet itu dilakukan sacara ketat. “Maka buktikan dengan prestasi dan saya harapkan pulang untuk membawa medali,” ujar dia.

Dalam mengikuti pertandingan, para atlet diminta tidak bertumpu pada kekuatan fisik, tetapi juga diminta pandai mengatur strategi, termasuk diminta mengenali kelemahan-kelemahan lawan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga menilai peran para pelatih tidak kalah penting. Sebab, seorang pelatih punya pengaruh besar dalam membentuk mental juara bagi atletnya. “Berikan mereka selalu motivasi. Motivasi ini sangat penting,” ucapnya.

Menurut dia, kekompakan menjadi salah satu kunci kemenangan. Maka para atlet dari Jateng harus bisa menjaga kekompakan, serta nama baik Indonesia di dunia internasional.

Untuk memberikan semangat dan mendukung keberangkatan para atlet ke Huangzhou, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan uang saku kepada 37 atlet dan 27 pelatih. Setiap atlet dan pelatih mendapatkan uang saku sebesar Rp3 juta.

Sementara itu, Ketua NPCI Jateng Osrita Muslim mengatakan, ada 11 cabang olahraga yang nantinya diikuti para atlet NPCI Jateng, meliputi atletik, bulutangkis, boccia, lawn bowls catur, renang, menembak, balap sepeda, judo, angkat berat, dan tenis meja.

Osrita menyadari, atlet Jawa Tengah tentu akan menghadapi ketatnya pertarungan di event Asian Paragames. “Kami terus berusaha meningkatkan semangat para atlet Jateng, agar menunjukkan kemampuan terbaiknya di Asian Paragames tahun 2023,” ucapnya.(HS)

Delapan Atlet Asian Paragames asal Jateng Digadang-gadang Bawa Pulang Medali Emas

Kementerian PU Relokasi Warga Terdampak Bencana Gempa Cianjur ke Rumah Layak Huni