Lelang Sewa Sawah Wakaf Masjid Agung Kendal Melebihi Target

Ketua Panitia Lelang Sewa Wakaf Masjid Agung Kendal, Sugiono saat meninjau Sawah yang dilelang.

 

HALO KENDAL – Lelang sewa sawah wakaf Masjid Agung Kendal melebihi dari target yang dipatok panitia penyelenggara.

Panitia menargetkan perolehan sebesar Rp 1,216 miliar.

Namun usai proses lelang, tereasiliasi sebesar Rp 1,492 miliar atau meningkat sekitar Rp 276 juta. Lelang digelar di halaman Kantor Takmir Masjid Agung Kendal, Minggu (18/10/2020) kemarin.

Ketua Panitia Lelang Sewa Sawah Bondo Wakaf Masjid Agung Kendal, Sugiono mengatakan, peserta lelang sebanyak 26 orang. Dari hasil lelang yang dicatatkan Rp 1,492 miliar, jumlah itu meningkat Rp 276 juta dari target yang dipatok yakni Rp 1,216 miliar.

‘’Penawaran tertinggi Rp 45 juta/hektare/tahun dengan lokasi sawah di Kelurahan Pekauman, tepatnya di sebelah utara Pasar Kendal. Sementara penawaran terendah Rp 500 ribu/hektare/tahun di Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Kalibuntu Wetan,’’ ungkapmya, Senin (19/10/2020).

Disebutkan oleh Sugiono, penawaran terendah itu, karena kondisi sawah, terkena rob, sehingga tidak bisa ditanami. Tapi masih ada yang berminat untuk mengelolanya.

“Sebagai juru lelang yakni Darmaji dan Saqip. Hasil lelang akan digunakan untuk apa, kami serahkan seluruhnya ke pengurus takmir masjid,’’ terangnya.

Sekretaris Panitia, KH Moch Ali Chasan menjelaskan, tanah yang disewakan seluas 52 hektare dengan 22 bidang dan tersebar di tujuh kelurahan serta satu desa.

“Yakni Pekauman, Karangsari, Sijeruk, Balok, Langenharjo, Kalibuntu Wetan, Ngilir di Kecamatan Kendal Kota dan di Desa Sukolilan di Kecamatan Patebon,” jelasnya.

Sementara salah seorang juru lelang, Darmaji, menambahkan, sewa lahan berlaku 1 November 2020 sampai 31 Oktober 2021.

Pemenang diberi waktu pelunasan selama lima hari setelah lelang. Jika dalam lima hari tidak melunasi, jaminan akan diserahkan ke kas masjid.

“Kami berharap, semoga hasil lelang memuaskan semua peserta dan membawa berkah bagi masjid maupun masyarakat,” ungkap Darmaji.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.