in

Lebih Banyak, Polri Prioritaskan Pemudik dari Jabodetabek ke Jateng dan Jatim

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto : humas.polri.gol.id)

 

HALO SEMARANG – Korps Lalu Lintas Polri dan pihak terkait, memprioritaskan masyarakat yang mudik dari Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal ini karena jumlah mereka mencapai 96,65 persen dari keseluruhan pemudik. Adapun jumlah masyarakat yang mudik dengan arah sebaliknya, yakni dari Jatim daun Jateng ke Jabodetabek, hanya 3,35 persen.

Hal itu terungkap dalam interaksi Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dengan warganet, seperti dirilis humas.polri.go.id, Selasa (26/3/2024).

Interaksi tersebut dilaksanakan Irjen Pol Aan Suhanan, melalui Instagram pribadinya @aan.suhanan67 dan Instagram @korlantasntmc.

”Yang bergerak sebaliknya artinya dari Jawa menuju ke jabodetabek hanya 3.35%. Terjawabkan kenapa kita memprioritaskan warga masyarakat yang mudik dari Jabotabek ke arah Jawa dan sebaliknya pada arus balik ini kita berlakukan hal yang sama,” tuturnya.

Dia kemudian merujuk pada riset yang dilakukan Korlantas dengan Kementerian Perhubungan.

“Jadi menurut riset yang kita lakukan bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan Perhubungan tahun ini, masyarakat Indonesia yang akan menjalankan mudik ada 71 % lebih setara dengan 193,6 juta orang,” jelasnya.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, Irjen Pol Aan Suhanan kemudian menganalogikan angka 193,6 juta orang itu dengan penduduk sejumlah negara di Eropa.

“Kalau kita compare lagi dengan ke beberapa negara di Eropa, di seluruh warga negara Irlandia, Belanda, Swedia, Jerman, dan Prancis, bergerak bersama-sama itu setara dengan tadi (193.6 juta orang). Apabila kita breakdown lagi, 31% nya masyarakat itu bergerak ke Jawa Tengah dan 19,44 % nya bergerak ke arah Jawa Timur, ” lanjutnya.

Kakorlantas berjanji akan memaksimalkan pengelolaan arus lalu lintas selama mudik lebaran agar aman dan lancar.

“Percayakan pada kami dan seluruh stakeholder yang mengatur. Kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin dengan semangat dan kerja sama yang baik agar mudik tahun ini sukses, aman, lancar dan selamat menjadi mudik yang ceria dan penuh makna,” tutupnya menjawab pertanyaan yang banyak terkait lalu lintas lebaran tahun 2024.

Kakorlantas juga memberikan kesempatan netizen mengkritik dan bertanya melalui media sosial instagram pribadinya pada @aan.suhanan67, agar pelayanan mudik Lebaran bisa jauh lebih baik dan maksimal untuk masyarakat Indonesia.

“Insya Allah akan saya jawab,” pungkasnya. (HS-08)

Kemenkes Sebut WHO Serukan Kenaikan Pajak Alkohol dan Minuman Berpemanis Buatan

Demi Kebaikan, Pasrah dengan Kebijakan Si Biru