in

Lebaran, Stok Daging Sapi Di Jateng Surplus 12.897 Ton

Salah satu penjual daging sapi di Pasar Induk Johar Baru Kota Semarang, Rabu (12/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jawa Tengah menngungkapkan, ketersediaan kebutuhan pangan sektor hewani selama Hari Raya Idul Fitri 1442 H mencukupi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jawa Tengah, Lalu M Syafriadi mengatakan, ketersedian ini diperkirakan mencukupi selama bulan Mei.

“Produk asal hewan baik daging sapi, ayam maupun telur ketersediaannya cukup, sehingga memenuhi untuk wilayah Jawa Tengah,” kata Lalu kepada halosemarang.id, Rabu (12/5/2021).

Menurut Lalu, kebutuhan daging sapi pada bulan Mei diperkirakan mencapai 16.152 ton, sedangkan ketersediaan daging sapi diperkirakan sebanyak 29.050 ton selama bulan mei.

“Sehingga untuk daging sapi kita surplus kurang lebih 12.897 ton,” ujarnya.
Tidak hanya itu saja, pihaknya juga memastikan kesehatan daging sapi sebelum dipotong di Rumah Potong ewan (RPH). Kesehatan sapi diperiksa oleh dokter hewan, untuk memastikan terbebas dari penyakit.

“Selain diperiksa juga dilakukan antemortem untuk melihat fisiknya. Postmortem untuk melihat terdapat kandungan cacing pita atau antrax,” terangnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada ketika sedang membeli daging, baik di pasar tradisional maupun moderen. Karena, baru-baru ini pihaknya menemukan daging beku yang tidak memiliki rekomendasi jual oleh Disnakeswan Jateng.

“Daging yang dijual itu saya pastikan tidak mendapatkan rekomendasi dari kami. Jadi ini artinya ilegal,” ungkap Lalu.

Lalu menjelaskan, seluruh produk hewan dan olahannya harus memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang merupakan sertifikat sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan higiene-sanitasi, sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan produk hewan pada unit usaha produk hewan.

“Kami tidak menanggung apakah itu halal, layak makan, dan sehat karena tidak memiliki rekomendasi,” imbuhnya.

Dirinya berharap kepada seluruh pedagang daging sapi untuk taat aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah dalam menjual daging sapi.

Berdasarkan data yang dihimpun halosemarang.id, suplai Sapi di Jawa Tengah terbesar dari Blora, Grobogan, Banyumas, Kebumen, Kabupaten Semarang, Boyolali, dan Sragen.(HS)

Share This

Makanan Hingga Kebiasaan, 5 Hal Ini Bisa Bantu Sesuaikan Pola Tidur Pasca Ramadan

Dear Gen-Z, Ikuti 4 Tips Ini Agar THR Lebaran Lebih Awet dan Meaningful