in

Lebaran Semakin Dekat, Lonjakan Penumpang Kapal di Pelabuhan Kendal Belum Terjadi

Suasana para pemudik dari Kalimantan di Pelabuhan Kendal tahun lalu.

HALO KENDAL – Menjelang libur lebaran 2023, para pemudik yang menggunakan kapal motor penumpang (KMP) yang berlabuh di Pelabuhan Kendal belum mengalami peningkatan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Mohammad Eko, saat silaturahmi dengan anak yatim dan piatu di Panti Asuhan Ning Amriyah Supardo, Kamis sore (13/4/2023).

“Belum ada lonjakan. Berdasarkan laporan, para pemudik dari Kalimantan yang menggunakan kapal baru sekitar 500 penumpang. Dan petang ini baru berlabuh di Pelabuhan Kendal,” ujarnya.

Eko menambahkan, puncak arus mudik di Pelabuhan Kendal diperkirakan terjadi pada tiga hari menjelang lebaran (H-3).

“Kalau puncak arus balik sulit diprediksi. Kemungkinan di H-3. Karena pemudik yang datang kebanyakan dari sektor non formal, sehingga tidak kembali saat cuti berakhir,” imbuhnya.

Eko menjelaskan, rata-rata para penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Kumai menggunakan KMP Kalibodri sebagian besar dari beberapa daerah di Jawa Tengah.

Mengingat tidak adanya angkutan umum dari pelabuhan menuju terminal terdekat, jika penumpang KMP Kalibodri tidak dijemput pihak keluarga atau agen, maka pihaknya akan menyediakan bus sekolah.

“Kemungkinan kami akan memanfaatkan bis sekolah untuk memfasilitasi penumpang yang akan menuju terminal terdekat,” jelas Eko. (HS-06).

 

Tekanan The Gunners Kian Berat

Dito dan Dico Bertemu, Ini yang Mereka Bicarakan