in

Layani Wisatawan, Sarinah Buka Toko di Candi Prambanan

Gerai baru Sarinah di Candi Prambanan, Yogayakarta yang baru saja diresmikan Sabtu (6/7/2024). (Dok. Laman Kementerian BUMN)

 

HALO SEMARANG – PT Aviasi Pariwisata (Persero) berhasil membuka gerai baru Sarinah, untuk melayani wisatawan di kawasan Candi Prambanan. Gerai baru ini baru saja diresmikan Sabtu (6/7/2024).

Pembukaan gerai ini merupakan hasil kolaborasi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC), atau In Journey Destination Management.

Kolaborasi ini tercipta untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang istimewa bagi para wisatawan.

Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati mengatakan Sarinah menyadari bahwa traffic kunjungan wisatawan Candi Prambanan, meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu merupakan peluang pasar yang besar bagi Sarinah, untuk menjangkau wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Dengan adanya Sarinah di Candi Prambanan, Kami ingin memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan istimewa bagi pengunjung Candi Prambanan dengan menghadirkan produk-produk UMKM berkualitas,” kata Fetty Kwartati, seperti dirilis laman Kementerian BUMN.

Sarinah Prambanan menawarkan berbagai produk UMKM unggulan, mulai dari silver craft, aksesoris hingga goodies seperti snack, kopi dan jamu.

Di Sarinah Prambanan, wisatawan tidak hanya menemukan produk-produk berkualitas, tetapi juga pengalaman berbelanja yang sama istimewanya seperti di Sarinah Thamrin.

Sarinah telah melakukan kurasi produk secara cermat dari seluruh Indonesia.

Untuk Sarinah Prambanan, PT Sarinah memilih produk-produk terbaik dari UMKM Yogyakarta dan kota-kota di sekitarnya.

Hal ini merupakan komitmen Sarinah untuk memberdayakan dan memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM setempat kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

Merchandise store merupakan bagian dari visualisasi identitas destinasi.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Injourney Destination Management, Hetty Herawati, menuturkan bahwa sebagai World Heritage Kawasan Candi Prambanan juga merupakan sebuah cultural melting pot, sehingga cindera mata dan produk kerajinan dan kreasi jenama lokal terbaik harus dipresentasikan di sini.

“Merupakan misi kami untuk mengemas dan mempromosikan produk UMKM terbaik dan kreasi jenama lokal sesuai konsep dan branding destinasi yang dikelola Injourney Destination Management, salah satunya melalui merchandise store,” tambah Hetty.

Setelah sukses berkolaborasi di TMII Jakarta, kali ini Injourney Destination Management juga mengajak Sarinah untuk berkontribusi di merchandise store Prambanan.

“Kerja sama ini merupakan salah satu komitmen kedua perusahaan terhadap pariwisata berkelanjutan dengan mengangkat potensi UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Sebagai cultural melting pot, Prambanan melestarikan kearifan lokal, nilai edukasi sejarah dan budaya,” kata dia.

Keberadaan Sarinah di Candi Prambanan, diharapkan dapat mendukung nilai Candi Prambanan, sebagai cagar budaya warisan dunia kebanggaan Indonesia.

Selain itu berkontribusi dalam pengembangan ekonomi sekitar, melalui produk-produk UMKM unggulan yang telah terkurasi.

Pembukaan Sarinah Prambanan merupakan langkah nyata Sarinah dalam mempromosikan produk-produk UMKM lokal Indonesia.

Store ini diharapkan dapat menjadi ikon baru di kawasan Candi Prambanan dan memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan bagi para wisatawan. (HS-08)

Ini Cara Kemenag Tetapkan 1 Muharram 1446 H

Badan Geologi Sebut Gempa Batang Terkait Pergerakan Sesar Aktif