in

Layani Vaksinasi Booster, Dinkes Boyolali Boyolali Siagakan Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Puji Astuti. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, pada masa mudik Lebaran ini tetap memberikan pelayanan vaksinasi. Petugas pos pelayanan di rest area jalan tol, dapat memfasilitasi masyarakat yang menginginkan untuk mendapatkan vaksin, dengan mengantar mereka ke puskesmas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Puji Astuti, setelah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi, Jumat (22/4/2024) di Mapolres Boyolali.

Untuk keperluan itu, pihaknya telah berkordinasi dengan pos pelayanan di rest area jalan tol Solo-Semarang, di Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, yakni di Rest Area 487 A dan Rest Area 487 B.

“Jadi kalau memang nanti ketemu seperti itu (masyarakat yang menginginkan vaksinasi-Red), tugasnya adalah mengantar ke pelayanan terdekat, puskesmas,” kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Dengan mengerahkan tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di 12 rumah sakit, satu klinik dan 25 puskesmas, diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Terlebih dengan adanya 10.000 vaksin jenis Pfizer dan AstraZeneca yang disebar di Puskesmas, pelayanan tetap berjalan seiiring dengan salah satu syarat penerimaan BLT yang mewajibkan para penerima untuk melakukan vaksinasi.

“Selama masa cuti Lebaran itu di Puskesmas tetap mengadakan pelayanan. Cuti bersama tetap diadakan jaga, jadi atur jaga agar pelayanan tetap dijalankan,” ujarnya.

Sementara itu, dilaporkan capaian vaksinasi booster di Kabupaten Boyolali menduduki peringkat 15 besar di Jawa Tengah dengan capaian sebesar 134.000 dosis atau sekitar 10-17 persen. Pihaknya menargetkan pada akhir bulan April ini, capaian vaksinasi booster mampu menembus 30 persen.

Untuk itu, pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik agar mendapat vaksinasi lengkap karena pandemi Covid-19 belum usai.

“Tetap prokes salah satu kita melindungi adalah tetap prokes. Jadi pandemi belum berakhir, tetap prokes, jaga Kesehatan, lakukan vaksinasi. vaksinasi lanjutan terutama atau booster,” katanya. (HS-08)

Mudik 2022, Polres Klaten Lengkapi Fasilitas Vaksinasi di Pospam Lebaran

PSIS Lepas Ahmad Subagja Baasith