in

Layani Penukaran Uang Baru, Bank Indonesia Kirim Mobil Kas Keliling ke Pemkab Klaten

Penukaran uang lama ke baru, di mobil kas Bank Indonesia. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Bank Indonesia (BI) mengirimkan mobil kas, ke Kantor Pemkab Klaten, untuk melayani pegawai dan masyarakat yang ingin menukarkan uang lama mereka dengan uang baru, Selasa (23/8/2022).

Selain melayani penukaran uang, dari jam 08.00 sampai 11.30 itu, petugas juga melakukan sosialisasi tentang uang baru tahun emisi 2022.

Tata cara pemesanan melalui online, bisa dilakukan H-7 sebelum dilakukan penukaran, melalui pintar.bi.go.id, dengan maksimal penukaran lima paket, atau Rp 1.000.000.

Dalam kesempatan itu, Tim Diskominfo Klaten turut mencoba menukar uang, tanpa mendaftar aplikasi. Saat itu petugas BI ternyata bisa dilayani, namun hanya mendapat satu paket, yakni  Rp 200 ribu.

Rony Triawan, warga yang ikut menukar uang, mengatakan antusiasme masyarakat cukup tinggi. Dia rela mengantre, untuk menukarkan Rp 200 ribu uang lama dengan yang baru.

Hari itu dia mendapatkan satu paket uang baru, terdiri atas satu lembar Rp 100 ribu, satu lembar Rp 50 ribu, satu lembar Rp 20 ribu, satu lembar Rp 10 ribu, dua lembar Rp 5 ribu, empat lembar Rp 2 ribu, dan dua lembar Rp 1.000.

“Perbedaannya ukuran uang baru agak lebih kecil disbanding uang sebelumnya. Ini bagus coraknya dan lebih ada perpaduan warnanya lebih menarik,” kata Rony, seperti dirilis klatenkab.go.id.

Masyarakat juga bisa melihat informasi jadwal mobil keliling, di website dan sosial media Bank Indonesia.

Peluncuran

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), di Jakarta.

Tujuh pecahan Uang TE 2022 yang diluncurkan dalam rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan RI tersebut, terdiri atas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Pada uang baru tersebut tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang.

Menurut keterangan pers yang dikeluarkan BI, terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Walaupun meluncurkan uang baru, BI menyatakan seluruh uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya, masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa. (HS-08)

Masyarakat Cepogo Boyolali Gelar Kirab Kebinekaan, Pelajar Bawa Bendera Merah Putih Sepanjang 165 Meter

5 101 Peserta Ikuti Tes Seleksi Perangkat Desa di Klaten