Layanan Paspor di MMP Blora, Bupati Rintis Kerja Sama dengan Imigrasi Pati

Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, menerima kunjungan Kepala Kantor Imigrasi Pati Hasanin SH MH dan rombongan, di ruang rapat Bupati Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi berharap bisa bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Pati, agar warga Blora yang akan ke luar negeri, cukup mengurus dokumen keimigrasian, di Mal Pelayanan Publik (MPP). Mal tersebut akan dibangun di Gedung Konco Tani, Pati.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Blora H Arief Rohman SIP Msi, ketika menerima kunjungan Kepala Kantor Imigrasi Pati. Kepala Kantor Imigrasi Pati, Hasanin SH MH dan rombongan, diterima Bupati yang didampingi Plt  Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bappeda, BPPKAD, DPMPTSP, Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan Setda Blora, di ruang rapat Bupati Blora.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa kunjungan Kepala Imigrasi Pati ini, untuk membahas draft kerja sama pembukaan loket pelayanan keimigrasian di Kabupaten Blora.

“Pada dasarnya kami ingin menghadirkan dan memberikan pelayanan secara lengkap, cepat, mudah, serta murah untuk masyarakat Blora. Termasuk pelayanan dokumen imigrasi, yang selama ini warga kami harus jauh-jauh ke Pati atau Bojonegoro untuk bikin paspor. Kami berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya Kantor Imigrasi Pati bisa membuka loket di sini,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Bupati menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Blora sedang menyiapkan pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Gedung Konco Tani yang akan dijadikan pusat pelayanan masyarakat. Diharapkan loket imigrasi masuk di MPP.

“Teknis nya seperti apa, monggo kita bahas bersama. Semoga nanti saat MPP diresmikan, loket keimigrasian juga sudah bisa melakukan pelayanan,” tambah Bupati.

Kepala Kantor Imigrasi Pati, Hasanin, mengatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Pemkab Blora dalam pelayanan dokumen keimigrasian.

“Pada prinsipnya kami dari kantor Imigrasi siap membantu. Tadi juga sempat diskusi dengan Pak Bupati. Nanti kami akan berikan pelatihan penanganan dokumen syarat administrasi keimigrasian terlebih dahulu, agar petugas kami bisa dibantu dalam pelaksanaan di MPP,” ungkap Hasanin.

Pihaknya menyampaikan bahwa jumlah pelayanan dokumen keimigrasian, saat ini sedang menangani penurunan sejak adanya pandemi Covid-19.

“Biasanya yang paling banyak, terkait paspor haji dan umrah. Namun karena ada pembatasan dari pemerintah Arab Saudi, permintaan paspor pun menurun. Meskipun begitu kami tetap siap memberikan pelayanan keimigrasian,” terangnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Blora, Kiswoyo SH Msi mengatakan bahwa setelah pemabahasan draft ini selesai, akan dilakukan penandatanganan oleh Bupati dan Kepala Kantor Imigrasi Pati.

“Draft kerja sama yang tertuang dalam nota kesepakatan, kami bahas bersama pihak imigrasi. Untuk penandatanganannya rencana akan dilaksanakan sebelum Lebaran, bersamaan dengan kerja sama layanan lainnya yang akan menempati MPP,” tambah Kiswoyo. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.