in

Lawan Korona, Polres Banjarnegara Gelar Vaksinasi Massal hingga Bansos

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan tekanan darah, pada calon penerima vaksin Covid-19, dalam kegiatan Gerai Vaksinasi Massal, Minggu (22/8) di Mapolres Banjarnegara. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Perlawanan pada wabah Korona, dilakukan oleh Polres Banjarnegara dengan beragam upaya, termasuk menggelar vaksinasi massal, kampanye protokol kesehatan, hingga membagikan bantuan sosial pada warga terdampak.

Kabag Sumda Polres Banjarnegara, Kompol Nanang Aris Widodo SH, mengatakan gerai vaksinasi massal, digelar Polres Banjarnegara di Mapolres, Minggu (22/8). Kegiatan ini menyasar masyarakat Banjarnegara, yang belum mendapatkan suntikan vaksin.

“Masyarakat yang hendak mengikuti vaksin Covid-19, silakan datang ke gerai vaksin,” katanya, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Dia mengatakan lokasi kegiatan vaksinasi ini juga akan berpindah-pindah, untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Gerai vaksinasi massal ini, merupakan langkah Polri untuk mendukung program vaksinasi nasional, untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

“Vaksinasi dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19. Kami berharap masyarakat kembali pulih, ekonomi pulih, dan segera normal kembali,” ucapnya.

Selain vaksinasi massal, Polres Banjarnegara bersama TNI Kodim 0704/ Banjarnegara dan Satpol PP Kabupaten Banjarnegara, Minggu (22/8) juga bersinergi mencegah penyebaran covid-19 dengan menggelar operasi yustisi kampanye protokol kesehatan.

Dalam kegiatan ini, petugas membagikan masker secara gratis dan pamflet mengenai aturan PPKM Level 3 kepada masyarakat.

“Kami memberikan imbauan secara humanis dan membagikan masker, guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masker. Pembagian masker dilakukan di wilayah Banjarnegara,” kata Kabag Ops Polres Banjarnegara, Kompol Sardoyo SH MH.

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 guna menekan laju penyebaran Covid-19, Karena itu dia menekanan penggunaan masker kain wajib setiap tiga jam sekali atau maksimal 4 jam diganti.

“Apabila masker basah atau lembab harus diganti, untuk itu kami himbau agar masyarakat membawa beberapa masker sekaligus. Sesampainya di rumah, masker segera dicuci, ujarnya.

Menurut dia, penggunaan masker efektif kalau diikuti dengan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Agar penggunaan masker efektif protokol kesehatan harus selalu diterapkan,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan hari ini dapat memotivasi masyarakat Banjarnegara untuk tetap menjaga kesehatan.

“Semoga dengan selalu menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19 segera berlalu,” tandasnya.

Polres Banjarnegara membagikan paket sembako dari Pemerintah kepada warga kurang mampu yang terdampak PPKM Level 3 di Wilayah Banjarnegara, Minggu (22/8).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si melalui Kasat Binmas AKP Rusmiyatun, SE mengatakan, kegiatan bakti sosial dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri terhadap warga ditengah pandemi Covid-19, khususnya dimasa PPKM Level 3.

“Selain menegakkan aturan PPKM Level 4, kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak,” katanya.

Ia menjelaskan, penyaluran paket sembako akan terus digelar sampai hari terakhir PPKM Level 3 dengan sasaran tempat berbeda-beda.

“Hari ini kami membagikan paket sembako yang berisi Beras, Mie Instan dan minyak goreng untuk kebutuhan sehari-hari sebagai langkah membantu Pemerintah menangani Pandemi Covid19,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu dan memberikan semangat serta motivasi kepada masyarakat yang terdampak.

“Semoga bermanfaat dan membantu dalam memenuhi kebutuhan ekonominya,” tuturnya.

Ia mengimbau, masyarakat tetap mematuhi aturan PPKM Level 3 dan protokol kesehatan.

“Berkurangnya mobilitas masyarakat semoga bisa menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Wilayah Banjarnegara,” kaya dia. (HS-08)

Share This

Menag Yaqut Minta Penceramah Agama Tak Sampaikan Kebencian dan Penghinaan

Polsek Pakis Aji Amankan Kebaktian di GITJ Pakis Suwawal Timur