in

Lawan Covid-19, Kodim Blora Gelar Vaksinasi hingga Edukasi di Pasar

Anak-anak yang merupakan keluarga besar TNI, mengikuti skrining dalam kegiatan vaksinasi massal, yang digelar Kodim 0721/Blora bersama RS DKT Blora kepada 280 anak berusia 6 sampai 11 tahun. (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Berbagai upaya dilakukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora untuk ikut melawan Covid-19, termasuk dengan menggelar vaksinasi dan . Para personel TNI Angkatan Darat ini menggelar vaksinasi massal hingga edukasi protokol kesehatan.

Vaksinasi Covid-19 serentak secara door to door kepada warga lansia, antara lain seperti yang dilaksanakan Bintara Pembina Desa Temurejo Koramil 01/Blora, Sertu Sunaryo bersama kader tracer, Tutik dan bidan desa Devi Eka Purbasari, Sabtu (08/01/2022), di Dukuh Belik, Desa Temurejo, Kecamatan Blora,  Kabupaten Blora.

Babinsa Temurejo, Sertu Sunaryo mengatakan upaya tersebut dilakukan, agar seluruh lapisan masyarakat bisa mendapatkan suntikan vaksin, sesuai yang telah diprogramkan oleh pemerintah, dengan harapan bisa tercipta kekebalan kelompok, dan pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Sistem jemput bola ini ditujukan kepada warga yang belum menerima suntikan vaksin dengan alasan tertentu. Dengan cara seperti ini, diharapkan bisa lebih efektif dalam percepatan vaksinasi, sesuai yang telah diprogramkan oleh pemerintah,” kata Babinsa.

Pada kesempatan yang sama, kader tracer, Tutik menambahkan program vaksinasi ini merupakan upaya dari Pemerintah, untuk melindungi masyarakat dari dampak kesehatan jika sampai terkena Covid-19.

Orang yang sudah divaksin pun, tetap berisiko terkena Covid-19. Oleh karena itu dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bidan desa, Devi Eka Purbasari, menambahkan dalam kegiatan vaksinasi secara door to door tersebut, pihaknya berhasil memberikan vaksin Sinovac dosis kedua kepada 20 warga lansia.

Vaksinasi Anak

Selain kepada lansia, sehari sebelumnya, Kodim 0721/Blora bersama RS DKT Blora, juga menggelar vaksinasi, kepada 280 anak berusia 6 sampai 11 tahun di Blora. Semua anak yang merupakan keluarga besar TNI tersebut, tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka datang ke lokasi vaksinasi, dengan diantar para orang tuanya.

‘’Serbuan vaksinasi Kodim 0721/Blora, kembali digelar dengan sasaran anak usia 6-11 tahun yang merupakan keluarga besar TNI,’’ kata Perwira Seksi Teritorial Kodim Blora, Kapten Cpl Sumanto.

Dia mengatakan vaksinasi anak 6-11 tahun itu, bertujuan meningkatkan imunitas anak, agar saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka, dapat berjalan dengan lancar.

Kepala RS DKT Blora, yang diwakili Kapten Ckm Parlin, menambahkan para peserta vaksinasi mengikuti kegiatan sesuai ketentuan Dinas Kesehatan Blora. Seluruh tahapan kegiatan, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai pendaftaran, screening, hingga akhirnya divaksin.

“Anak-anak keluarga besar TNI yang mendapatkan suntikan vaksin sejumlah 151 anak. Seluruhnya berjalan lancar,” kata Kapten Ckm Parlin.

Selain vaksinasi, anggota Kodim 0721/Blora juga gencar mengajak masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Hal ini seperti yang dilaksanakan Babinsa Koramil 07/Sambong, Sertu Kasmari.

Anggota TNI tersebut, Sabtu (08/01/2022) melakukan edukasi protokol kesehatan, sembari membagikan masker secara gratis, kepada warga Desa Brabowan, Kecamatan Sambong.

Dalam kegiatan itu, Sertu Kasmari menekankan pentingnya kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Dia juga mengajak warga yang belum mendapat vaksin Covid-19, untuk datang ke tempat-tempat vaksinasi.

“Kami memang tak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. Kami juga membagikan masker, agar bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu tentunya kami juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program vaksinasi covid-19,” kata Kasmari.

Ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan, juga dilakukan anggota Koramil 06/Jiken, di pasar-pasar tradisional. Dengan menggunakan pengeras suara, , Sabtu (08/01) dia berkeliling untuk menyampaikan pesan tentang pencegahan Covid-19 tersebut.

Danramil 06/Jiken Kapten Czi Sundiro, melalui Serka Sujiran yang memimpin sosialisasi tersebut, mengatakan Koramil 06/Jiken memprogramkan rutin pemutusan Covid-19 di wilayahnya, dengan menggunakan serbuan teritorial (serter), termasuk di pasar tradisional.

“Selain Serter dengan poster, anggota Koramil 06/Jiken menggunakan pengeras suara untuk mengimbau protokol kesehatan, sesuai yang ditentukan, supaya warga terhindar dari wabah Covid-19”, ungkap Sujiran. (Pur, HS-08).

FASI Pengkab Kendal Kini Resmi Miliki Kantor Sekretariat

Kerja Sama Indonesia-Korsel, Proyek Ethylene Baru di Cilegon segera Dilanjutkan