Lawan Covid-19, Kampung Siaga Candi ke-265 Diresmikan

Peresmian Kampung Siaga Candi Covid-19 di Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, Selasa (14/07/2020).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal bersama Polres Kendal kembali meresmikan Kampung Siaga Candi Covid-19. Kali ini Polres Kendal meluncurkan di Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, Selasa (14/07/2020).

Hadir dalam acara itu Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana beserta jajaran, Camat Rowosari beserta Forkopimcam, dan Kepala Desa Tambaksari, Imam Sudibyo beserta perangkat desa.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal, Mirna Annisa menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Tambaksari dan semua pihak yang telah bersama-sama mewujudkan Kampung Siaga Candi.

Masrur mengajak masyarakat agar selalu memantau dan menjaga tetangganya masing-masing (Jogo Tonggo) melalui Satgas di setiap Rukun Warga (RW).

Melalui gerakan ini, Masrur berharap semoga dapat bermanfaat dan menjadi kekuatan masyarakat untuk saling menjaga tetangga, serta membantu dalam segala hal.

“Sehingga dengan upaya ini diharapkan bisa lebih efektif dalam menekan penyebaran dan penularan virus corona, serta membantu meringankan beban warga yang terdampak virus corona,” imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan, edukasi kepada masyarakat dan upaya preventif mesti harus dilakukan.

“Gerakan yang dimiliki di kampung ini sangat kuat, baik dari gotong royongnya, tepo slironya (saling menghargai-red), saling tolong menolongnya, dan nilai kemanusiaannya masih sangat kuat,” terangnya.

Lebih Wabup Masrur menambahkan, semua punya daya hubungan yang erat dan kokoh.

“Maka, dengan dilaunchingnya Kampung Siaga Candi di Desa Tambaksari ini untuk menjaga tetangga (Jogo Tonggo), dan jika kita bisa saling menjaga dan mencatat kondisi masing-masing tetangga, maka pemerintah akan mengetahui situasi dan kodisinya,” tuturnya.

Masrur juga mengimbau kepada Ketua RT/RW dan Satgas agar wajib melaporkan kegiatan dan kejadian sehari-hari pada pihak Desa dan Tim Gugus Tugas Daerah Kabupaten Kendal.

Selain itu, juga memonitoring dan mensosialisasikan kepada warganya, agar terus-menerus mengimbau untuk selalu waspada bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

“Sesuai dengan Peraturan Bupati Kendal Nomor 51 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penggunaan Masker, dan Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing) dalam rangka Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona di Kabupaten Kendal,” lanjutnya.

Menurutnya banyak cara dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19, bisa melalui sosialisasi maupun dengan sayembara.

Seperti diketahui, Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Pandemi Virus Covid-19 Kabupaten Kendal telah mengadakan Lomba Desa/Kelurahan Handal Covid-19.

“Perlombaan dimulai tanggal 14-17 Juli 2020 dengan pengumuman hasil lomba dilakukan pada Sidang Paripurna lstimewa Hari Jadi Kabupaten Kendal di DPRD Kabupaten Kendal pada tanggal 27 Juli 2020,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Kendal, AKPB Ali Wardana menjelaskan, bahwa di Kabupaten Kendal sudah terbentuk 265 Kampung Siaga Candi.

“Dari 286 desa/kelurahan di Kabupaten Kendal, kami telah meresmikan sebanyak 265 desa/kelurahan sebagai Kampung Siaga Candi. Diharapkan dengan adanya Kampung Siaga Candi ini bisa menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan virus Covid-19,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Tambaksari, Imam Sudibyo mengaku, pihaknya sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang ada disetiap dukuh, dengan jumlah 50 orang meliputi Pemerintahan Desa, RT/RW, PKK, Pemuda Karang Taruna dan melibatkan unsur masyarakat.

Selain itu juga sudah melaksanakan program Jogo Tonggo. Hal itu  bertujuan untuk lebih mempermudah melakukan koordinasi dalam rangka upaya pencegahan bahaya penyebaran virus corona.

“Kami berharap dengan adanya Kampung Siaga Candi ini, Desa Tambaksari bisa lebih aman, dan menjadi kampung yang tanggap, tangguh serta menjadi kampung yang maju,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.