Laut dan Telur Asin Tergambar Dalam Logo HUT Brebes

Foto : Brebeskab.go.id

 

HALO BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes meluncurkan logo peringatan Hari Jadi ke-343 Tahun Kabupaten Brebes. Sebelumnya desain logo tersebut ini dilombakan, untuk mendapatkan hasil terbaik, yang mencerminkan dinamika Kabupaten Brebes, dalam menapaki perjalanan selama 343 tahun.

“Sebanyak 92 peserta ikut berkompetisi secara fair, yang kemudian diseleksi 30 besar, hingga 5 besar dan dipilih terbaik 1, 2 dan 3,” kata Ketua Panitia Lomba, Wijanarto di sela-sela peluncuran di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Brebes, Rabu (6/1), seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Wijanarto mengaku bangga, karena lomba ditanggapi antusias peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Brebes, terbukti ada 92 peserta yang mayoritas berusia remaja.

Setelah dilakukan seleksi yang sangat ketat, akhirnya juara 1 diraih Muhammad Faza Adiyat dari Kelurahan Gandasuli Kecamatan Brebes, juara 2 M Aufal Audi Arkham dari Desa Benda Kecamatan Sirampog, dan juara 3 Tri Irma Septiana dari Desa Jagalempeni Kecamatan Wanasari.

Dia mengatakan di dalam logo HUT Ke-343 Brebes tersebut, mengandung banyak nilai filosofis. Angka tiga di depan berwarna biru, identik dengan warna telur asin dan laut, yang menjadi simbol bahwa Brebes merupakan kota pesisir. Selain itu biru juga bisa diartikan sebagai kedamaian.

Keberadaan Brebes sebagai wilayah pesisir, juga ditandai dengan gambar gelomban di ujung angka tiga. Pantai Brebes memang cukup panjang, yakni membentang dari Kecamatan Losari hingga Kecamatan Brebes.

Di bawah angka tiga terdapat ornamen hewan Bebek atau Blengong yang menjadi ciri khas produk unggulan Kabupaten Brebes.

Angka empat di tengah berwarna merah, identik dengan warna bawang merah serta dapat diartikan sebagai berani. Terdapat ornamen bawang merah yang mempertegas makna dari warna merah.

Angka tiga di belakang, memiliki warna hijau, yang dapat diartikan sebagai daerah yang asri serta mempunyai kondisi alam yang baik. Terdapat ornamen gunung di atas angka tiga yang berarti Kabupaten Brebes memiliki daerah pegunungan yang asri seperti di daerah Kecamatan Paguyangan dan Kecamatan Salem.

Juga terdapat ornamen motif batik tumbuhan khas Salem yang mempercantik angka tiga.

Dengan diluncurkannya logo Hari Jadi ke-343 Brebes, mulai kemarin logo tersebut sudah dapat digunakan dalam kegiatan rangkaian HUT. Logo tersebut dapat dicantumkan pada spanduk, pamflet, baju, kaos, topi dan aksesori lainnya.

“Logo bisa diunduh di drive.google.com, dengan alamat https://drive.google.com/drive/folders/1g19kjIssrfSn24vIWpMcbNlkz9V-veC4?usp=sharing ,” tutur Wijan yang juga Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes.

Selain lomba design logo hari jadi, lanjutnya, juga digelar lomba Kebersihan Lingkungan, Lomba Vlog Anti Covid-19, dan Lomba Virtual Tari Unggulan Daerah.

Ketua Panitia Hari Jadi Brebes Supriyadi menambahkan, acara Hari Jadi Brebes digelar secara sederhana mengingat masih dalam Pandemi Covid-19. Antara lain Sidang Paripurna Istimewa, Istighosah, Ziarah Makam Bupati Terdahulu dan Anjangsana.

“Hari Jadi tahun ini, mengusung tema: Brebes Aman Covid-19, Teteg, Tutug, Bangkit,” tandas Supriyadi. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.