in

Launching Si Abang Belajar, Warga Tidak Bersekolah di Kota Tegal Perlu Dimotivasi Lanjutkan Pendidikan

Launching Si Abang Belajar di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kompleks Balai Kota Tegal, Kamis (30/09). (Foto : Tegalkota.go.id)

 

HALO TEGAL – Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr  Drs Johardi MM, meminta agar warga yang tidak bersekolah, diberi motivasi agar mau melanjutkan pendidikannya. Dengan demikian semua warga Kota Tegal dapat bersekolah.

Permintaan itu disampaikan Johardi, ketika memberikan sambutan dan meresmikan Sanggar Kegiatan Bangkit Belajar (Si Abang Belajar) dan SKB Inklusi Kota Tegal Tahun 2021, di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balai Kota Tegal, Kamis (30/09).

Menurut dia, tujuan Sanggar Belajar ini adalah agar tidak ada lagi warga Kota Tegal yang tidak bersekolah. Hal ini sesuai pula dengan misi Wali Kota Tegal, yaitu mewujudkan sistem pendidikan yang efektif, efiisien, dan bertanggung jawab.

Seperti dirilis Tegalkota.go.id, Johardi mengatakan bahwa bagi warga yang berkebutuhan khusus, juga mendapat kesempatan untuk bersekolah di  Sanggar kegiatan Belajar (SKB) Inklusi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M. Ismail Fahmi SIP MSi, menambahkan upaya Pemkot Tegal untuk menekan angka putus sekolah, adalah dengan menggelar Program Ayo Sekolah Lagi (Asela).

Untuk mewujudkan Program Asela ini, dibentuklah Sanggar Kegiatan Bangkit Belajar (Si Abang Belajar) dan SKB Inklusi Kota Tegal. Si Abang Belajar dan SKB Inklusi Kota Tegal, merupakan tempat bagi anak yang tidak bersekolah, anak rentan putus sekolah, dan anak berkebutuhan khusus, untuk bisa mendapatkan pendidikan.

Adapun untuk tahap pertama, “Siabang Belajar” dilaksanakan di delapan kelurahan percontohan, yakni Slerok, Panggung, Kraton, Debong Lor, Randugunting, Debong Kidul, Margadana, dan Sumurpanggang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota Tegal mendekatkan akses belajar bagi warga yang membutuhkan. Si Abang Belajar ini, juga mendapat dukungan dari Bank Jateng, yang memberikan bantuan delapan buah laptop, sebagai alat kelengkapan pembelajaran. Bantuan ini diberikan kepada delapan kelurahan percontohan tahap pertama. (HS-08)

Share This

Kejurnas Pencak Silat Piala Wali Kota Tegal II, 182 Atlet Bertarung Secara Virtual

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Ajak Pengelola Bank Sampah Gerakkan Warga