in

Larangan Mudik, Polri Tindak Tegas 600 Travel Gelap

Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono MH (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Polri menindak tegas pengemudi 600 kendaraan yang digunakan sebagai travel gelap dan mengangkut penumpang mudik.

“Total selama delapan hari kemarin, kami memutar balik 600 ribu kendaraan. Ada 600 kendaraan travel gelap yang kami tindak tegas,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono MH, seperti dirilis Tribratanews.polri.go.id, Minggu (16/5).

Dia juga mengatakan berdasarkan analisis dan evaluasi, selama berlangsung Operasi Ketupat sejak 6 Mei 2021, volume kendaraan menurun drastis dari hari-hari normal.

Dalam mengamankan kebijakan peniadaan mudik Lebaran, hingga 17 Mei 2021, polisi mendirikan 381 pos penyekatan, yang tersebar dari Palembang hingga Bali.

“Saya sampaikan bahwa Operasi Ketupat 2021 hari ke delapan, volume arus mudik kemarin turun yang menuju Jawa lebih kurang 74 persen, yang menuju Jawa Barat turun 100 persen, menuju Merak turun 45 persen,” kata dia.

Perlu diketahui Kementerian Perhubungan, sebelumnya memprediksi 23 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Namun berdasarkan data terakhir yang diterima dari Kementerian Perhubungan, hanya 1,5 juta orang yang berhasil keluar dari wilayah Jabodetabek.

Kini Korlantas Polri fokus pada pengamanan arus balik Lebaran. Kemenhub memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada 16 dan 20 Mei.

Kakorlantas berpendapat, sosialisasi peniadaan mudik saat operasi keselamatan pada 24 April-5 Mei sangat efektif. Kemudian, 381 titik penyekatan yang tersebar dari Palembang hingga Bali pun berjalan maksimal.

“Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan kita untuk melakukan pencegahan baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan sangat efektif untuk kita lakukan,” ujar Kakorlantas. (HS-08)

Share This

Selama Masa Penyekatan, Polda Jatim temukan 21 Pemudik Positif Covid-19

Arus Balik, Hasil Swab Positif, Pemudik Langsung Masuk Rumah Sakit Terdekat