in

Lapas Kelas 1 Tangerang Kebakaran, Seluruh Lapas dan Rutan di Jateng Cek Instalasi Listrik

Kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang. (Sumber : Tangkapan layar Youtube)

 

HALO SEMARANG – Seluruh Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang berada di wilayah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Jateng) melakukan pengecekan dan perbaikan instalasi listrik.

Hal itu dilakukan, setelah dugaan erat terjadinya kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, Provinsi Banten akibat hubungan pendek listrik atau korsleting listrik.

Kebakaran yang menelan korban jiwa 41 nara pidana tersebut, membuat Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah (Jateng) mengerahkan jajarannya mengecek dan memperbaiki seluruh jaringan listrik demi mengantisipasi kebakaran

“Sudah kita sebarkan surat edaran untuk memerintahkan kepada semua pengelola lapas dan rutan agar membersihkan kabel listrik yang ilegal. Terutama menggeledah kamar hunian para narapidana,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jateng, Supriyanto, Kamis (9/9/2021).

Supriyanto mengklaim telah tegas kepada seluruh jajarannya untuk selalu mengecek jaringan listrik yang ada di tiap-tiap kamar nara pidana. Ia menyebut, saat apel pagi digelar, personel gabungan telah diterjunkan untuk menertibkan instalasi listrik yang berbahaya.

“Jika ada instalasi yang tidak sesuai aturan, akan kita copoti. Kita berusaha semampunya supaya bisa meminimalisir kebakaran. Karena memang usia bangunan lapas dan rutan rata-rata sudah 15 tahunan. Seperti di Kedungpane Semarang, usianya sudah puluhan tahun,” katanya.

Pihaknya mencatat, secara keseluruhan terdapat kurang lebih 13 ribu orang nara pidana dan tahanan di Jateng. Dengan sejumlah antisipasi tersebut diharapkan dapat mencegah munculnya peristiwa kebakaran seperti di Lapas Klas I Tangerang.

“Kita berharap pengamanan bisa dimaksimalkan, mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian kebakaran di lapas-lapas,” pungkasnya.(HS)

Share This

Polisi Tahan Pelaku Pemukulan Taruna PIP Semarang yang Berujung Kematian 

Rakor Bulan Dana PMI Kendal, Targetkan Rp 1,4 Miliar