in

Lapakemane, Geliat Rumah Jajanan UMKM Brebes

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menunjukkan produk UMKM yang dijual di Lapakemane, sebagai rumah jajanan berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Brebes. (Foto : Brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, mengimbau para aparatur sipil negara (ASN), untuk membeli produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Brebes, termasuk yang dijual di Lapakemane.

Berbelanja produk UMKM, merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian kepada sesama, sebagaimana imbauan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melalui gerakan “Ayo Jajan Produk UMKM”.

“Semoga sentra produk UMKM Lapakemane ini dapat memberikan manfaat besar, untuk keberlangsungan dan eksistensi UMKM di Kabupaten Brebes,” kata Idza, saat launching Lapakemane, di Komplek Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Brebes, Jalan Singosari Pranotoyudo, Selasa (21/9),

Lebih lanjut dikatakan, untuk dapat meningkatkan akses pemasaran produk UMKM, memang harus melibatkan atau bermitra dengan banyak pihak. “Kemitraan memberikan ruang serta jaringan yang luas. Kesempatan melebarkan sayap, harus ditangkap sebagai upaya pemasaran produk, karena tidak semua pelaku UMKM di Kabupaten Brebes mempunyai akses pemasaran yang baik,” kata Idza, seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Idza berharap Lapakemane menjadi sentra pemasaran bagi UMKM, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan demikian perekonomian mereka yang selama ini mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-10, dapat segera pulih.

Filosofi

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Zaenudin menjelaskan, Lapakemane mengandung filososi Lapake Money sehingga diharapkan tempat ini menjadi sumber uang bagi pelaku UMKM dalam pemasaran produk–produknya.

Kemudian filosofi yang kedua yaitu Lapakemane dalam artian lapaknya ibu, karena Bupati Brebes seorang ibu dan juga banyak pelaku UMKM mayoritas ibu–ibu rumah tangga. Sehingga menjadi semangat pelaku UMKM dan jadi tauladan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Ketua Paguyuban UMKM Brebes M Firdan Fahrudin ketua UMKM Brebes berterima kasih karena telah difasilitasi dan dibukanya sentra UMKM Lapakemane.

Diharapkan, Lapakemane memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM di Kabupaten Brebes. Adapun bagi masyarakat umum, dapat mengenal dan membeli produk UMKM dalam satu tempat saja representatif yang sangat mudah dijangkau.(HS-08)

Share This

Basarnas Cilacap Gelar Pelatihan Pertolongan di Ketinggian

Dijual di Toko Modern, 12 Produk UMKM Brebes Naik Kelas