in

Lantik 422 Pejabat, Bupati Klaten Ingatkan Soal Sumpah dan Janji PNS

Bupati Klaten, Sri Mulyani melantik 422 pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan penugasan guru sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten, di Pendopo Setda Klaten, Selasa (26/09/2023). (Foto : klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani melantik 422 pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan penugasan guru sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten.

Kegiatan pelantikan dihadiri Forkopimda atau yang mewakili, Sekda Klaten, Asisten, Kepala OPD, Pejabat yang dilantik, di Pendopo Setda Klaten, Selasa (26/09/2023).

Dalam sambutannya Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan selamat kepada seluruh dilantik dan diambil sumpah / janjinya sebagai pejabat baru, baik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas maupun Kepala Sekolah untuk memimpin OPD masing-masing.

“Pada hari ini saudara-saudara telah saya lantik sekaligus diambil sumpah/janji atas nama agama dan keyakinan saudara untuk memangku jabatan, guna melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai amanat dan kepercayaan bangsa dan negara di pundak saudara,” kata Sri Mulyani, seperti dirilis klatenkab.go.id.

Sri Mulyani juga menyampaikan pesan-pesan khusus, kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk diperhatikan dan dilaksanakan.

Sri Mulyani memaparkan, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), para pejabat tersebut  memikul banyak tanggung jawab untuk menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah, dan Pegawai Negeri Sipil.

Maka dari itu mereka harus menaati sumpah / janji PNS dan sumpah / janji jabatan, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Mereka juga harus menaati ketentuan jam kerja, menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik, menggunakan dan memelihara barang-barang milik Negara dengan sebaik-baiknya.

Mereka juga harus memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya, kepada masyarakat menurut bidang tugasnya masing-masing, bertindak dan bersikap tegas, tetapi adil dan bijaksana terhadap bawahannya.

Para pejabat itu juga harus menegakkan disiplin pegawai melalui contoh-contoh keteladanan, dan tidak segan-segan untuk menerapkan teguran dan peringatan, untuk tidak memberi ruang terhadap kemungkinan terjadinya sikap indisipliner di antara pegawai.

Menurut Sri Mulyani, sikap indisipliner dan pelanggaran hanya akan merendahkan martabat sebagai seorang PNS.

Para pejabat itu juga perlu segera melakukan tindakan-tindakan yang dipandang perlu, untuk mempercepat pelaksaan berbagai tugas dan tanggung jawab di OPD yang dipimpin, dan demi kelancaran pelayanan bagi masyarakat Klaten.

Terakhir, Bupati Klaten bersama jajaran memberikan ucapan selamat dengan berjabat tangan kepada seluruh pejabat yang dilantik. (HS-08)

Penampungan Air Hujan Jadi Alternatif Solusi Kekeringan di Blora

Wabup Purworejo Minta Warganya Bekerja Sama Wujudkan ODF