in

Lantik 326 Pejabat Baru, Begini Pesan Bupati Kendal

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada 326 ASN di TPA Darupono, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jumat (27/8/2021).

 

HALO KENDAL – Sebanyak 326 pejabat eselon di Pemkab Kendal dilantik untuk menempati jabatan baru, Jumat (27/8/2021). Pelaksanaan pelantikan di TPA Darupono, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menegaskan, agar para pejabat yang telah dilantik jangan merasa berlebihan dalam merayakan kebahagiaan, karena menurutnya setiap jabatan ada amanat dan tanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan Bupati, dalam sambutan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 326 orang, yang terdiri dari pejabat eselon 3 dan 4 di Pemerintahan Kabupaten Kendal.

Dico juga menyampaikan, pelantikan ini merupakan pembinaan dan pengembangan karir serta sebagai upaya untuk melakukan promosi dan penyegaran terhadap jajaran pejabat struktural.

Tujuannya untuk mengisi jabatan kosong karena pejabat lama telah purna tugas. Dia berharap para pejabat baru dapat segera bergerak lebih cepat untuk mewujudkan berbagai program dalam mewujudkan Kendal Handal.

“Bahwa pelantikan untuk jabatan yang baru ini, telah sesuai dengan syarat dan aturan yang telah ditentukan. Oleh karna itu, semua harus dapat melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik mungkin, sesuai jabatan yang diemban ke depannya,” tandasnya.

“Saya percaya dengan potensi dari bapak ibu semua yang baru saja dilantik ini, serta dengan kinerja baik yang berintegritas profesional dan inovatif, mampu membawa perubahan yang positif dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Kendal ini,” kata Bupati.

Dalam sambutan Dico juga memastikan bahwa penunjukkan pejabat baru ini bebas dari kolusi, dan dilakukan seobjektif mungkin. Semuanya, kata dia, murni dari hasil seleksi sesuai dengan prestasi dan kemampuan.

“Pemerintah hadir untuk masyarakat. Jadi apabila menemukan praktik kolusi dalam pelantikan ini bisa langsung melaporkan kepada saya. Ke depan saya juga akan memonitor semua prestasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal,” tandas Dico.

Ia pun mengaku, tidak ragu-ragu untuk mencopot pejabat yang memiliki prestasi buruk, tidak serius, punya niat jahat, dan melawan hukum.

“Kita tidak boleh bermalas-malasan dan terlena dengan jabatan yang kita punya saat ini saya ingin pekerjaan segera diselesaikan tepat waktu, agar hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat kita,” imbuhnya.

Sebagai penutup, Dico mengingatkan, masih ada permasalahan yang harus ditangani dan dicarikan solusinya dalam penanganan seperti dampak pandemi Covid-19.

“Selain itu, kita harus memastikan penurunan angka stunting, penguatan sektor pertanian, infrastruktur, pertumbuhan ekonomi pada industri dan investasi, juga pada penggerakan UMKM dan pariwisata sebagai sektor unggulan,” tutup Dico.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, dari 326 pejabat eselon 3 dan 4 yang diambil sumpah dan dilantik, terdiri dari 146 pejabat administrator dan 80 pejabat pengawas.

Hal ini menurutnya sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 sebagai mana diubah dalam PP 17 Tahun 2020, bahwa ASN untuk menduduki jabatan struktural harus dilantik terlebih dahulu.

“Ya ini pertama kali di era Pemerintahan bapak Dico dan pak Basuki, pejabat eselon terdiri dari administrator dan pengawas yang dilantik. Semoga semua bisa lebih semangat dalam bekerja,” tukasnya.(HS)

Share This

10 Besar Nasional, Desa Sendang Wonogiri Siap Berkompetisi Dalam Ajang KIP Desa 2021

Paguyuban Petani Penggarap Tanah Rakyat Desak Pemerintah Redistribusi Tanah