in

Lantik 16 Eselon II, Menag Minta Pejabat Selalu Ingat Sumpah

Menag lantik pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Agama. (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan para pejabat di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag), agar menaati sumpah jabatan yang diucapkan dengan nama Tuhan, dan di bawah kitab suci agama.

Penegasan itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ketika melantik 16 pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Kemenag. Prosesi pelantikan di auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta tersebut, berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Apabila suatu saat saudara-saudara bertemu peluang dan celah untuk menyalahgunakan jabatan, atau memanfaatkan jabatan untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, kelompok dan golongan, maka ingatlah selalu kalimat sumpah jabatan, yang diucapkan setiap memangku jabatan baru,” kata Menag, Jumat (08/10).

“Dalam ajaran agama, sumpah adalah janji dan setiap janji memiliki konsekuensi dunia dan akhirat,” kata Menag Yaqut, seperti dirilis Kemenag.go.id.

Dia berharap para pejabat yang dilantik, menggunakan seluruh kemampuan intelektual, kemampuan kepemimpinan dan manajerial, serta kemampuan sosio-kultural, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian di tempat masing-masing secara total.

“Jaga integritas pribadi, pegang teguh sikap amanah dan menghindari perbuatan korupsi, transaksional dan penyalahgunaan jabatan. Mari bersikap adil sejak dari dalam pikiran, kebijakan dan tindakan karena Kementerian Agama hadir untuk melayani semua pemeluk agama di negara kita sesuai konstitusi,” pesan Menag.

Mereka yang dilantik merupakan hasil Seleksi Jabatan Tinggi Pratama, yang digelar Kementerian Agama. Mereka akan menempati posisi baru di Biro Setjen Kemenag, Direktur di Bimas Islam, Direktur di Bimas Hindu, serta Kakanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Biro Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Hadir sebagai saksi dalam penandatanganan berita acara, Sekjen Kemenag Nizar dan Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani. Pelantikan dihadiri para pejabat eselon I, Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut, para Staf Ahli dan Stafsus Menag.

Adapun para pejabat yang dilantik, adalah Nurudin sebagai Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag; Amrullah sebagai Direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendis; Muhammad Adib sebagai Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam; Gusti Made Sunarta sebagai Direktur Pendidikan Hindu Ditjen Hindu; dan Trimo sebagai Direktur Urusan Agama Hindu Ditjen Hindu.

Selain mereka juga Cecep Khairul Anwar sebagai Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta; Husnul Maram sebagai Kepala Kanwil Kemenag Jatim; Uliyas Taha sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sulteng; Zainal Mustamin Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara; dan Reginaldus Saverinus sebagai Kepala Kanwil Kemenag NTT

Untuk enam pejabat lain, adalah Mamat Salamat Buhanudin sebagai Kepala Biro AAKK UIN Sunan Ampel; Ali Sodiq sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Jember; Yorhan A Lopis sebagai Kepala Biro AUAK IAKN Kupang; Johni Tilaar sebagai sebagai Kepala Biro AUAK IAKN Manado: Estuningsih sebagai Kepala Biro AUAK IAKN Toraja; dan I Gusti Nyoman Artawan Kepala Biro AUAK IAHN Gde Pudja Mataram (dilantik via zoom). (HS-08)

Share This

Terbitkan Pedoman Peringatan Hari Besar Keagamaan saat Pandemi, Menag : Dilarang Pawai

Pemkab Banjarnegara Siap Percepat Penanganan Kemiskinan Ekstrem