in

Langgar Perda, Belasan Kios PKL di Jalan Pemuda dan Kawi Dibongkar Satpol PP Kota Semarang

Salah satu kios PKL yang berdiri di atas trotoar di Jalan Kawi, dibongkar petugas Satpol PP Kota Semarang, Senin (23/9/2019).

 

HALO SEMARANG – Belasan kios pedagang kaki lima (PKL) yang berdiri di atas trotoar Jalan Pemuda dan Jalan Kawi Semarang dibongkar oleh petugas Satpol PP Kota Semarang, Senin (23/9/2019). Kios-kios permanen tersebut dibongkar karena dianggap melanggar sejumlah aturan.

Seperti dua kios permanen dari beton yang ada di Jalan Pemuda, tepatnya di sebelah selatan gedung BCA dan sebelah utara gedung Bank Mandiri, Semarang Tengah, menjadi target sasaran pembongkaran. Selain itu, 10 kios yang berada di Jalan Kawi, baik yang ada di Kelurahan Wonotingal maupun Kelurahan Candisari, juga turut dibongkar petugas.

“Pembongkaran kios dilakukan di sejumlah titik, karena dianggap melanggar Perda Kota Semarang. Total ada sekitar 12 kios yang dibongkar pada kegiatan kali ini. Penyebabnya, kios-kios tersebut berdiri di atas trotoar jalan dan selokan pengairan. Selain itu, pembongkaran kios dilakukan karena izin pendirian tidak ada,” ujar Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, di sela-sela kegiatan pembongkaran.

Menurut Fajar, keberadaan kios tersebut telah melanggar Perda No 3 tahun 2018 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Fajar mengaku, lokasi di atas selokan pengairan dan trotoar memang bukan diperuntukkan bagi kegiatan dagang. Apalagi sejumlah kios tersebut berada di jalan protokol yang ada di Kota Semarang.

“Kios yang di Jalan Pemuda ini selain menyalahi aturan, juga sudah tidak digunakan lagi. Kalaupun masyarakat ingin berdagang di pinggir jalan diperbolehkan, asal berupa lapak bongkar pasang dan bukan berupa kios permanen. Kecuali di daerah-daerah tertentu yang telah diatur melalui beberapa Perwal Kota Semarang,” papar Fajar.

Sementara itu, Camat Semarang Tengah, Rokiban mengatakan, pihaknya siap untuk membantu melakukan pembongkaran dua bangunan kios permanen yang ada di Jalan Pemuda tersebut. Sejumlah tenaga akan dikerahkan untuk mengatasi hal tersebut. “Kami akan meminta sejumlah pekerja untuk membongkar kios ini. Akan dikerjakan dalam waktu dekat ini,” ujar dia.(HS)

Tabligh Akbar Bersama Habib Umar Bin Hafidh di Simpanglima Semarang

Post Truth : Era yang Membosankan!