in

Lampu Hijau Izin Kompetisi Dari Polri, Mungkinkah Liga 1 Bergulir Tahun Ini?

Ilustrasi Liga 1 2020.

 

HALO SPORT – PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus melakukan koordinasi untuk membahas persiapan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021. Rapat yang dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tersebut dilakukan di Kantor PT LIB, Jakarta, Kamis (4/2/2021) sore.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Kepala Tim Medis PSSI Syarif Alwi. Sementara itu, dari PT LIB adalah Komisaris Ferry Paulus, Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita, Direktur Operasional Sudjarno, dan Direktur Keuangan Anthony Candra Kartawiria.

Pada paparannya, Akhmad Hadian Lukita menjelaskan beberapa poin perihal persiapan kompetisi baru, di antaranya akan diadakannya pertandingan simulasi pada pekan depan dan digelarnya turnamen pramusim.

Iriawan menyatakan koordinasi tersebut menindaklanjuti pertemuan PT LIB dengan Mabes Polri kemarin (3/2/2021).

Ia juga menyebut bahwa sudah mensimulasikan berbagai hal terkait pertandingan nanti dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Terima kasih kepada Kapolri karena memerhatikan apa yang terjadi selama ini. Dan memang sudah ada lampu hijau dari Polri, tapi tidak semudah itu. Kami memiliki kewajiban untuk mempersiapkan semuanya, termasuk di antaranya protokoler kesehatan,” ujar Iriawan.

“Jadi kapan Liga dimulai, kami menunggu izin dulu. Begitu izin oke, baru kami akan persiapkan workshop dan sebagainya, sehingga tidak ada lagi keraguan. Kami memang merencanakan Liga 1 dimulai Mei atau Juni mendatang dan pada Maret menggelar turnamen pra musim,” tambah pria yang akrap yang disapa Iwan Bule tersebut.

Sebagai informasi, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya memberikan izin pelaksanaan kegiatan olahraga sepak bola terutama Liga 1 dan Liga 2.

Polri menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 kemungkinan bisa digelar pada tahun 2021. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri, Kombes Polisi Budi Sajidin dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

“Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepak bola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan,” ujar Budi.

Meski demikian, dia mewajibkan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah Covid-19. Salah satu permintaan dari Polri ialah semua pertandingan berlangsung baik Liga 1 maupun Liga 2 harus tanpa penonton.

Pernyataan Budi ini menjadi angin segar bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sebelumnya, Polri sama sekali tidak memberikan izin untuk menggelar Liga 1 dan 2 yang membuat musim 2020 terpaksa dihentikan total bahkan hingga dibatalkan.

Menurut Budi, Polri ketika itu belum memberikan izin karena mereka menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan telegram Kapolri.
Namun, setelah berdiskusi dengan berbagai pihak termasuk Menpora Zainudin Amali. Budi menyebut Polri siap memberikan izin pelaksanaan liga.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi sepak bola saja, melainkan semua cabang olahraga. Budi pun mengingatkan, cabang-cabang olahraga lain juga harus mengajukan permohonan terkait administrasi dalam pencegahan Covid-19.

“Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga. Lampirkan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan ketat dan dilampirkan pula surat dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, rekomendasi KONI dan Menpora, agar nanti dibahas di Mabes Polri,” tutur Budi.

PT LIB sendiri berencana menggelar Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 sesudah Hari Raya Idul Fitri.
Apabila, izin Polri bisa keluar lebih cepat, PSSI dan LIB berencana menggelar kompetisi pramusim sebelum Lebaran.(HS)

Share This

Kiai Munif Zuhri: Gerakan Jateng Di Rumah Saja, Tumbuhkan Empati Untuk Pengidap Covid-19

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (5/2/2021)