Lalu Lintas Sering Overload, di Pertigaan Jembatan Besi Sampangan Dipasang Traffic Light Portabel

Petugas Dishub Kota Semarang memasang traffic light portabel di pertigaan Jalan Dewi Sartika Barat atau di dekat jembatan besi sampangan, Rabu (12/6/2019).

HALO SEMARANG – Untuk mengurangi kepadatan kendaraan terutama saat jam-jam sibuk, Dinas Perhubungan Kota Semarang melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasang traffic light portabel di pertigaan Jalan Dewi Sartika Barat atau di dekat jembatan besi Sampangan, Rabu (12/6/2019). Sehingga diharapkan, dengan adanya lampu lalu lintas itu, penumpukan kendaraan di area tersebut menjadi lancar.

Kepala Dishub Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto menyebut dari traffic counting, Jalan Dewi Sartika sudah overload. Dia merinci volume arus lalu lintas pada jam sibuk pagi mencapai 3.891 kendaraan per jam.

“Bahkan volume kendaraan pada jam sibuk sore mencapai 4.058 kendaraan per jam. Belum lagi jika ada acara wisuda di universitas yang melintasi jalur ini seperti Unnes, Untag, Akademi Pelayaran dan beberapa universitas lainnya,” katanya.

Menurutnya, kapasitas pelayanan volume kendaraan hanya pada angka 2.800 kendaraan per jam.

“Kami sudah melakukan beberapa upaya rekayasa traffic cone hingga pengaturan arus jembatan. Namun kami rasa upaya itu belum maksimal. Sehingga kami gunakan trafic light portabel ini,” paparnya.

“Selama sepekan ke depan petugas kami akan di sini sekaligus melakukan evaluasi,” terangnya.

Terkait durasi nyala lampu traffic light, dia menyebut durasi lampu hijau lebih panjang di sisi selatan (dari arah Gunungpati) dan Utara (menuju Gunungpati) sekitar 30 detik.

“Sedangkan dari timur dan barat lebih pendek durasinya sekitar 10 detik saja saat lampu hijau menyala,” tandasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.