Lakukan Survey KHL, Aliansi Gerbang dan Perwakilan DPRD Kota Semarang Datangi Lima Pasar Tradisional

Tim survey KHL dari Aliansi Gerbang bersama Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Rahmulyo Adi Wibowo sedang berada di Pasar Karangayu, Rabu (29/7/2020).

 

HALO SEMARANG – Tim survey dari Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) bersama anggota Dewan Pengupahan Kota Semarang Unsur Serikat Pekerja, serta Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang melaksanakan survey harga kebutuhan barang pokok sebagai salah satu komponen untuk menentukan kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Semarang.

Survey kebutuhan barang pokok dilaksanakan di lima pasar tradisional di Kota Semarang, Rabu (29/7/2020).

Lima pasar yang disurvey yaitu Pasar Karangayu, Pasar Langgar, Pasar Mangkang, Pasar Pedurungan dan Pasar Jatingaleh.

Perwakilan DPRD Kota Semarang yang mengikuti kegiatan survey ini adalah Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Rahmulyo Adi Wibowo.

Koordinator Aliansi Gerbang, Zainuddin mengatakan, survey dilaksanakan sebagai item syarat untuk penentuan UMK tahun 2021.

Dirinya berharap UMK tahun 2021 bisa naik signifikan, mengikuti kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Diharapkan dengan ada kenaikan UMK, bisa menjaga agar daya beli buruh tetap terjaga. Sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan di Kota Semarang,” katanya di sela survey.

“Turunnya inflasi dan pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh daya beli, termasuk daya beli buruh. Rendahnya daya beli juga dapat berdampak pada peluang naiknya angka kemiskinan,” ujarnya.

Zainuddin berharap dari hasil survey ini bisa menjadi acuan pimpinan daerah untuk menetapkan UMK Kota Semarang tahun 2021.

“Untuk selanjutnya hasil survey tersebut diharapkan bisa dijadikan acuan oleh Wali Kota Semarang dalam mengusulkan UMK tahun 2021 kepada Gubernur Jateng,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Rahmulyo Adi Wibowo mengatakan, dirinya dan tim Aliansi Gerbang serta serikat buruh lainnya, akan merilis hasil survey pekan depan.

Hasil survey kebutuhan bahan pokok dibutuhkan sebagai salah satu item guna penentuan KHL suatu kota/kabupaten.

“Rilis hasil survey akan kami publikasikan setelah survey di 5 pasar. Mungkin Jumat atau Senin baru kami umumkan hasilnya,” jelasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.