in

Kurangi Plastik, MAJT Bungkus Daging Kurban Dengan Besek

Ketua Panitia Idul Adha 1442 H MAJT Nur Khoirin.

 

HALO SEMARANG – Sebanyak sepuluh ekor sapi, dan 13 ekor kambing disembelih oleh Panitia Kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kamis (22/7/2021).

“Sepuluh ekor sapi dan 11 kambing kami sembelih. Dua kambing kami hibahkan keluar,” ujar Ketua Panitia Idul Adha 1442 H MAJT Nur Khoirin disela-sela proses penyembelihan.

Nur Khoirin menyebut, mulai pelaksanaan penyembelihan, pengemasan hingga pendistribusian daging kurban dilakukan secara protokol kesehatan ketat.

Selain itu, ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kata Nur Khoirin, seluruh panitia yang berjumlah kurang lebih 100 orang dilakukan tes Swab Antigen terlebih dulu.

“Kami datangkan penjagal dan dibantu panitia. Jumlahnya ratusan, sebelum penyembelihan semuanya dites Swab. Kami datangkan tenaga kesehatan untuk Swab disini,” paparnya.

“Alhamdulillah hasilnya tidak ada yang terindikasi positif,” imbuhnya.

Diakuinya, MAJT memilih melakukan penyembelihan hewan kurban secara mandiri dan tertutup pada 12 Dzulhijah 1442 Hijriah. Selanjutnya, daging kurban dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Untuk mengurangi sampah plastik, pihaknya juga menggunakan besek atau yang disebut wadah yang terbuat anyaman bambu untuk pembungkus daging kurban.

“Kami bagikan sendiri dan untuk masyarakat kami minta Ketua RT nya untuk mengambil kesini,” katanya.(HS)

Share This

Cek Penanganan Covid di Cilacap, Ganjar; Kasus Sudah Landai, Tapi Jangan Lengah

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Gelar Webinar Moderasi Beragama