Kuota KPPS Di 21 Kabupaten/Kota di Jateng Akhirnya Terpenuhi Setelah Perpanjang Masa Pendaftaran

Foto ilustrasi Pilkada 2020.

 

HALO SEMARANG – Kuota pendaftar petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk penyelenggaraan Pilkada serentak di 21 kabupaten/kota, akhirnya terpenuhi. Hal itu setelah KPU Jateng memperpanjang masa pendaftaran selama 5 hari mulai 14 hingga18 Oktober 2020.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Litbang KPU Jateng, M Taufik menyatakan, sebanyak 308.539 orang telah mendaftar, setelah masa perpanjangan pendaftaran KPPS dibuka pada 14 hingga 18 Oktober 2020.

Menurutnya, jumlah pendaftar KPPS tersebut sudah memenuhi untuk bertugas di 44.007 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 21 kabupaten/kota, yang menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

“Setelah ada perpanjangan pendaftaran KPPS selama 5 hari, akhirnya ada 308.539 yang mendaftar dan itu cukup untuk 44.007 TPS,” ujarnya saat dihubungi halosemarang.id Rabu (21/10/2020).

Taufik menambahkan, tahapan berikutnya bagi pendaftar KPPS adalah pemeriksaan administrasi.

“Setelah pemeriksaan administrasi lolos/selesai tahapan berikutnya adalah penetapan sebagai petugas KPPS. Petugas KPPS itu selanjutnya diwajibkan rapid tes sebagai standar protokol kesehatan untuk pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Taufik menambahkan, kendala yang dihadapi terkait perekrutan petugas KPPS di setiap kabupaten/kota berbeda-beda.

“Kendalanya bermacam-macam. Kita gak tahu situasi daerahnya. Ada warga yang antusias, tapi ada yang tidak. Mungkin saja mereka tidak jadi mendaftar (KPPS) karena takut mengikuti rapid test. Tapi kita gak bisa menyimpulkan soalnya banyak prosedur yang harus dijalani,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan aturan pembentukan KPPS selama ini mengacu pada Pasal 12 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2015 dan PKPU Nomor 13 Tahun 2017 terkait tugas, wewenang, dan pembentukan KPPS.

Sebelumnya, KPU Jawa Tengah menyatakan kekurangan jumlah petugas KPPS untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 21 kabupaten/kota.

Sehingga, pendaftaran petugas KPPS yang sudah digelar sejak 7 Oktober hingga 11 Oktober 2020, akhirnya diperpanjang mulai 14-18 Oktober nanti.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.