in

Kunjungi Pasar Pagi Kaliwungu, Ganjar Siapkan Konsep Replikasi Untuk Tata Pasar Tradisional

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berbincang kepada pedagang dan pengunjung Pasar Pagi Kaliwungu, Kendal yang mengikuti vaksinasi.

 

HALO KENDAL – Usai mengunjungi kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rombongan kemudian mengunjungi Pasar Pagi Kaliwungu, Kendal, Senin (9/8/2021).

Sesampainya di Pasar Pagi Kaliwungu, Ganjar mengungkapkan, bahwa kunjungannya ini untuk melihat langsung kondisi pasar.

“Infonya pasarnya kok desainnya bagus begitu. Kalau bisa kita replikasi mudah-mudahan nanti seluruh pasar bisa diatur. Sehingga orang bisa melakukan aktivitas dengan aman,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berharap, replikasi jauh lebih banyak, sehingga memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Selain itu bisa ditiru oleh daerah lain.

“Maka kalau ini kita jadikan contoh, nanti bisa ditiru yang lain. Harapan kita replikasinya jauh lebih banyak lagi. Sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman,” ungkap Ganjar.

Menurutnya, kalau orang biasanya bicara normal atau adaptasi kebiasaan baru, harapan kita di dunia ekonomi juga mereka bisa beradaptasi dengan cara itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan Forkopimdanya, yang sudah membuat terobosan-terobosan sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan dengan aman,” imbuh Ganjar.

Kemudian Gubernur bersama rombongan berkeliling pasar sambil menyapa dan berdialog dengan para pedagang.

Tak pelak kehadiran orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut mengundang masyarakat baik pedagang maupun pengunjung yang berebut untuk mengambil momen kehadirannya.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, kunjungan Gubernur Jawa Tengah bersama Kapolda, Pangdam dan Kajati di Pasar Pagi dalam rangka meninjau langsung penerapan protokol kesehatan yang baik di pasar.

Alhamdulillah Pak Gubernur bersama Forkopimda Provinsi ada pak Kapolda, pak Pangdam dan pak Kajati, untuk melihat langsung, dua hal yang menjadi kunjungan hari ini, yang pertama ke sentral vaksinasi di Stadion Kebondalem yang kedua Pasar Pagi Kaliwungu,” jelas Dico.

Menurutnya, sesuai dengan arahan dari Gubernur, bahwa ini akan menjadi percontohan. Salah satunya adalah pendaftaran vaksinasi secara online.

“Inovasi yang dilakukan dalam vaksinasi, pendaftaran melalui online, media sosial dan dari Whatsapp. Semua ini kita lakukan, untuk menghindari kerumunan,” tandas Dico.

Selain itu, Bupati Kendal menambahkan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi di Pasar Pagi Kaliwungu, sehingga bisa menjadikan pasar Kaliwungu sebagai contoh untuk pasar tradisional lainnya di Kabupaten Kendal.

“Dengan adanya Pasar Sehat ini, diharapkan tidak ada klaster baru Covid–19, dan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan memastikan ekonomi di Kendal tetap berjalan,” imbuhnya.

Dico juga mengapresiasi kinerja semua pihak yang sudah ikut mendukung program PPKM di wilayah Kendal. Sehingga bisa menurun menjadi level tiga.

“Saya tadi juga menyampaikan kepada Pak Gubernur untuk percobaan membuka tiga tempat pariwisata. Kalau ini berhasil maka Insya-Allah akan kita buka semua,” pungkasnya.(HS)

Share This

Kunjungi Vaksinasi Merdeka Candi, Ganjar Apresiasi Pendaftaran Secara Online

Peduli Anak Yatim Korban Covid-19, Polda Jateng Akan Luncurkan Program AKU SEDULURMU