in

Kunjungi Pasar, Hartopo Masih Temukan Kerumunan Warga

Bupati Kudus Hartopo mengunjungi Pasar Tradisional untuk memastikan pedagang dan pengunjung mematuhi protokol kesehatan. (Foto : Pemkab Kudus)

 

HALO KUDUS – Masyarakat tampaknya masih belum sepenuhnya dapat disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sehingga harus terus diingatkan.

Kurangnya disiplin masyarakat itu pula yang ditemui Bupati Kudus Hartopo, ketika mengunjungi Pasar Bitingan dan Pasar Kliwon.

Di kedua tempat itu, Hartopo mengapresiasi pengunjung dan pedagang yang telah tertib memakai masker. Walaupun demikian, dia juga masih menemui ada warga berkerumun.

Karena itu dia meminta pengunjung dan pedagang, untuk terus waspada dalam berinteraksi satu sama lain, agar tidak tertular Covid-19. Hartopo mengatakan jangan sampai pasar menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Tolong jangan berkerumun, nggih. Di sini sudah bagus semuanya pakai masker. Yang penting taat protokol kesehatan. Saya doakan semuanya sehat,” ucapnya.

Bagi pasar yang tidak tertib, Hartopo akan mengevaluasi dan mempertimbangkan pemberian sanksi. Meskipun begitu, Hartopo memahami bahwa kondisi pengunjung pasar tradisional, berbeda dengan pasar modern.

Oleh karena itu, Hartopo menyiapkan masker untuk dibagikan kepada para pengunjung dan pedagang yang tidak mengenakan masker.

“Untuk pasar yang tidak tertib, akan kami peringatkan dan evaluasi. Tapi ya memang disadari kondisi di pasar tradisional pasti berbeda dengan mall. Kami membagikan masker kepada yang belum pakai masker, sebagai pembinaan,” ujarnya.

Sementara itu, pihaknya menyampaikan stok pangan di Kudus aman. Dari pantauannya, harga bahan pokok masih stabil. Hanya daging sapi yang mengalami kenaikan sekitar 3 ribu rupiah.

“Stok pangan di Kudus aman. Ini tadi belum ada kenaikan signifikan,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Satuan Tugas (Satgas) akan selalu memonitor protokol kesehatan di tempat publik. Pos satgas juga telah didirikan di beberapa lokasi, untuk memantau kedisiplinan masyarakat. Harga bahan pokok dan bahan penting juga terus dipantau.

“Kami mengerahkan Satgas, untuk memantau penerapan protokol kesehatan di tempat publik. Begitu pula memantau harga bahan pokok,” ungkapnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat mendisiplinkan diri dalam menerapkan protokol kesehatan selama Hari Raya Idulfitri. Apalagi, selama ini edukasi dan sosialisasi tidak pernah putus dilakukan di berbagai media. Dengan menjaga kesehatan diri, masayarakat juga menjaga keluarga di rumah.

“Tolong jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan saat Idulfitri. Edukasi dan sosialisasi telah kami lakukan, tapi yang paling penting adalah disiplin kepada diri sendiri,” katanya. (HS-08)

Share This

Madumongso Rasa Waluh, Jajanan Berbungkus Warna Warni Asal Jungsemi

Launching Gerakan Cinta Zakat, Bupati : Zakat Dapat Tuntaskan Kemiskinan