in

Kunjungi Kiai Asep Manonjaya, Ganjar Disambut Ribuan Santri

Ganjar Pranowo disambut para santri saat bersilaturahmi ke Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya, Senin (9/10/2023).

HALO TASIKMALAYA – Capres 2024, Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya, Senin (9/10/2023). Ia mengunjungi Pengasuh Ponpes Miftahul Huda Manonjaya yang juga sahabat lamanya, Kiai Asep Ahmad Maoshul Affandy.

Saat Ganjar datang, ia langsung disambut ribuan santri yang ada di sana. Tak hanya itu, Ganjar juga disambut Mantan Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang masih keluarga Kiai Asep. Ganjar, Kiai Asep dan Kang Uu kemudian Salat Magrib berjamaah bersama ribuan santri.

Usai Salat Magrib, Kyai Asep mengenalkan Ganjar pada ribuan muridnya yang begitu antusias pada Ganjar. Ia mengatakan jika Ganjar adalah sahabat lama, saat keduanya menjadi anggota DPR RI.

“Anak-anakku sekalian, malam ini ayah kedatangan tamu. Beliau sahabat ayah sejak 2009 saat menjadi anggota DPR RI. Dan 2013 lalu beliau jadi Gubernur Jawa Tengah. Ada yang kenal,” tanya Kiai Asep pada ribuan santrinya.

“Pak Ganjar Pranowo,” jawab para santri dengan kompaknya.

Jawaban itu membuat Kiai Asep tersenyum. Ia melihat ke arah Ganjar dan mengatakan bahwa ia tak perlu mengenalkannya. “Wah Pak Ganjar sudah terkenal di kalangan santri,” ucap Kiai Asep disambut tepuk tangan riuh para santri.

Ganjar kemudian diajak Kiai Asep dan Kang Uu untuk berziarah ke makam keluarga. Setelah itu, mereka menuju kediaman Kiai Asep dan ngobrol bersama.

Obrolan berlangsung penuh dengan canda dan tawa. Ganjar dan Kiai Asep mengenang pertemanan mereka ketika menjadi anggota DPR RI.

“Itu fotonya Pak Ganjar, saat dulu 2009. Waktu itu kita sering ketemu meski beda komisi,” ucap Kiai Asep yang juga politisi PPP itu menunjukkan foto di ruang keluarga.

Cukup lama Ganjar, Kiai Asep dan Kang Uu ngobrol. Mereka membahas banyak hal tentang politik dan isu aktual di Indonesia.

Saat hendak pamit, Kiai Asep memberikan hadiah buku karyanya pada Ganjar. Salah satu bukunya berjudul Jihad Politik Putra Petinggi DI/TII.

“Ini ada beberapa buku saya pak, tapi yang satu ini spesial. Judulnya Jihad Politik Putra Petinggi DI/TII. Mudah-mudahan Pak Ganjar berkenan,” ucap Kiai Asep.

Usai acara, Ganjar mengatakan sangat senang bisa bersilaturahmi ke kediaman Kiai Asep dan bertemu Kang Uu sekaligus. Menurutnya, dua tokoh di Jabar itu adalah sahabat lamanya.

“Beliau sahabat saya lama sekali. Kiai Asep sejak jadi anggota DPR RI dan Kang Uu ketika menjadi Wagub Jabar. Saya sudah lama ingin silaturahmi dan baru kali ini kesampaian,” ucapnya.

Banyak hal diobrolkan dalam pertemuan itu. Ganjar tak menampik jika ada obrolan tentang politik.

“Karena keluarga ini keluarga politik, dari PPP semua, maka ini judulnya ketemu sesama politisi dan bahasnya politik. Tapi nggak bahas cawapres, karena belum ada pertanyaan soal itu,” jelasnya.

Ganjar juga senang mendapat hadiah buku dari Kiai Asep. Menurutnya, sejak saat berteman dulu, ia juga sering dapat buku dari Kiai Asep.

“Dulu saya dikasih satu buku oleh beliau, dan hari ini dikasih lagi yang lebih lengkap. Saya tentu senang dan mudah-mudahan ini cara kita saling berbagi ilmu pengetahuan,” pungkasnya.(HS)

Jadi Ruang Pembinaan dan Pendampingan, Pemkab Kendal Canangkan UMKM Center di Tiap Kecamatan

Ancaman Kebakaran Lahan Kosong Harus Jadi Perhatian Serius Pemerintah