in

Kunjungi Jateng, Menhub Wanti-Wanti Masyarakat Tak Boleh Terbangkan Balon Udara saat Lebaran

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Polda Jawa Tengah, Minggu (31/3/2024).

HALO SEMARANG – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mewanti-wanti kepada masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara saat Lebaran. Ia mengaku jika masyarakat masih nekat melakukan hal tersebut bisa diproses pidana.

Budi menjelaskan jika tradisi menerbangkan balon udara ada di dua wilayah Jateng, yakni Kabupaten Wonosobo dan Kota Pekalongan. Karena hal itu berkaitan dengan tradisi dan lokasinya sudah ditentukan dan harus ditambat. Masyarakat dilarang memainkan atau menerbangkan balon udara selain di titik yang sudah ditentukan tersebut.

“Saya mengingatkan beberapa hal, karena ini terjadi khusus di Jawa Tengah berkaitan dengan balon udara. Balon udara pemerintah Kota Pekalongan dan Wonosobo sudah melaksanakan, tapi menurut informasi Pak Kapolda masih banyak yang di kampung-kampung. Oleh karena itu, apabila tidak melakukan kegiatan di luar titik tersebut maka itu pidana bisa ditahan,” ujar Budi di Polda Jawa Tengah, Minggu (31/3/2024).

Budi juga meminta Kapolres di dua tempat tersebut untuk mensosialiaskan larangan menerbangkan balon udara. Termasuk ancaman pidana bagi masyarakat yang melanggar.

“Kami sudah minta kepada kapolres untuk melakukan law enforcement, penginformasian dan law enforecement jadi sekarang disampaikan. Tapi kalau kejadian mereka itu harus mempertanggungjawabkan secara pidana,” paparnya

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi memastikan jika aturan penerbangan balon udara sudah ada. Ia menjelaskan jika larangan itu dikarenakan bisa menggangu jalur penerbangan pesawat.

“Kita larang kecuali kalau ditambat, itu melanggar navigasi ruang udara,” jelas Luthfi.

Ia juga menegaskan jika masyarakat yang melanggar aturan tersebut akan diproses pidana. “(Pelanggar) kita tindak, kita proses. Kita minta masyarakat ikuti Perda soal balon untuk ditali ditambat jangan dilepas,” imbuhnya.(HS)

Pelaku Utama Pembacokan di Argorejo Semarang Serahkan Diri ke Polisi

Sat Samapta Polres Kendal Amankan Belasan Remaja Diduga Hendak Perang Sarung Menjelang Sahur