in

Kunjungi IKM, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Beberkan Pengembangan UMKM

Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Mukhtharuddin Ashraff Abu, ketika mengunjungi tiga pelaku usaha industri kecil menengah (IKM), Selasa (21/9). (Foto : Pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan, berencana mengembangkan industri kecil menengah (IKM) di wilayahnya, dengan memberikan berbagai bantuan dan menggelar berbagai kegiatan.

Rencana itu disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Mukhtharuddin Ashraff Abu, ketika mengunjungi tiga pelaku usaha industri kecil menengah (IKM), Selasa (21/9).

Adapun IKM yang dikunjungi, adalah Zaya Hand Made (Ika Sulis) di Desa Karanggondang, Karanganyar; Gerabah Ceria (Sigit Rammatullah) di Desa Wonorejo Wonopringgo; dan Kerajinan Bordir Kelurahan Pekajangan ( Hj Nikmah) Kedungwuni.

Ashraff mengatakan kunjungan tersebut untuk mengetahui cara kerja para pelaku UMKM, serta mendapat masukan mengenai hambatan dalam bisnis mereka.

“Kami juga meninjau apa yang bisa kita bantu dari Dekranasda. Selain itu kita juga menyerap aspirasi maupun ide ide yang diberikan dan yang kita lihat apa saja yang mungkin bisa kita kembangkan. Itu tujuan utama kita kesini,” jelas Ashraff, seperti dirilis Pekalongankab.go.id.

Ashraff mengungkapkan rasa senang, melihat inisiatif dan kreativitas para pelaku UMKM, yang menurutnya luar biasa. Dia berharap melalui Dekranasda, dapat membantu pemasaran dan peralatan. Dia juga berharap Dekranasda, kelak juga dapat memberikan bantuan modal.

Selanjutnya dijelaskan pula rencana kegiatan yang terhambat akibat pandemi seperti kegiatan pameran dan sejenisnya dapat segera terwujud.

“Sebenarnya kita sudah punya banyak rencana, tetapi terhambat adanya Covid-19. Harapannya pandemi segera berlalu. Kami ingin mengadakan pameran dan mengaktifkan lagi gedung UMKM. Di sana kami buat banyak acara, pameran-pameran, sehingga gedungnya aktif. UMKM juga punya wadah untuk menjual hasil produksi dan kreativitas mereka,” kata dia.(HS-08)

Share This

Polres Purbalingga Dirikan Dapur Umum Bantu Makanan Bagi Siswa Isolasi Terpusat

Miliki Pelayanan Terbanyak, Kemenag Perlu Lakukan Perbaikan