in ,

Kunjungi DJP Jateng I, Pemkab Tegal Bahas Terkait OP4D

Suasana audiensi antara DJP Jateng I dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal di Aula Lantai 7 Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang II, Senin (22/1/2024).

HALO SEMARANG – Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal di Aula Lantai 7 Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang II. Pada kunjungan ini, Pemkab Tegal diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir
Makhmud, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tegal Yosa Afandi dan jajaran pejabat dari Bapenda Kabupaten Tegal.

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka audiensi untuk menindaklanjuti kerja sama Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah (OP4D) yang telah ditandatangani antara
kedua belah pihak pada tahun 2023 lalu.

Kerja sama ini meliputi pertukaran data, pengawasan bersama hingga pengembangan sumber daya manusia dari masing-masing pihak.

Rombongan disambut oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Max Darmawan, dan jajaran pejabat dari Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Selain audiensi, juga dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta ditutup dengan sesi foto bersama.

Dalam sambutannya, Max menyampaikan apresiasinya atas sinergi yang telah terjalin.

“Kami ucapkan terima kasih karena saat ini Pemerintah Kabupaten Tegal telah menjalin sinergi yang baik dengan kami, terutama berkaitan dengan optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah,” kata Max.

Max pun menyampaikan, bahwa dirinya membuka akses seluas-luasnya untuk mengoptimalkan kerja sama yang ada. Salah satu yang disampaikan adalah penggunaan inovasi yang telah dilakukan oleh Kanwil DJP Jateng I.

“Kami punya berbagai aplikasi seperti Lokajati yang bisa direplikasi oleh bapak dan ibu sekalian, silakan dipakai,” papar Max.

“Untuk kerja sama di bidang pelatihan, nanti akan kami koordinasikan dengan instansi terkait di Kementerian Keuangan yang membidangi pelatihan,”
pungkas Max.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud juga menyambut baik sinergi yang tertuang dalam kerja sama OP4D ini.

“Kami istilahnya ingin belajar dari DJP selaku instansi pemungut pajak, karena fungsi kita yang sama,” ungkap Amir.

Sebagai informasi, Kanwil DJP Jawa Tengah I telah menandatangani sebanyak 8 perjanjian kerja sama terkait OP4D dengan 8 pemerintah kabupaten/kota yang tersebar di seluruh wilayah kerjanya.

Saat ini Kanwil DJP Jawa Tengah I terus menginisiasi kerja sama OP4D dengan kabupaten/kota lain di wilayah kerjanya yang belum melakukan kerja sama iniiíů Sehingga diharapkan nantinya kerja sama ini dapat meningkatkan potensi pajak pusat maupun pajak daerah. (HS0+026)

 

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Selasa (23/1/2024)

Bupati Blora Serahkan Hadiah Undian Tabungan Bima