in

Kunjungi Cilacap, Presiden Jokowi Berjanji Segera Bangun BLK Pesantren di Magelang

Presiden Joko Widodo menaiki perahu, untuk menyapa warga di Cilacap, Kamis (23/09) (Foto : Setkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Presiden Joko Widodo mengatakan akan membangun BLK komunitas pesantren di Magelang. Pembangunan BLK ini untuk meningkatkan kualitas pelajar dan santri di wilayah tersebut.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut disampaikannya ketika berdialog secara virtual dengan santri Pondok Pesantren Nurul Ali Magelang, Kamis (15/9). Dialog tersebut berlangsung, saat Presiden meninjau vaksinasi massal bagi pelajar, santri, dan masyarakat umum di Cilacap.

Hadir mendampingi Jokowi di SMAN 2 Cilacap, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Hadir pula dalam kunker Jokowi di Cilacap, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

“Hari ini kita melakukan vaksinasi massal untuk para pelajar dan para santri yang diadakan oleh BIN. Hari ini divaksin 107.000 pelajar dan santri di 10 provinsi,” kata Jokowi di lokasi, Kamis (23/9)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyapa secara virtual progres vaksinasi di provinsi lainnya. Jokowi berharap serbuan vaksinasi massal untuk pelajar dan santri ini bisa terus dilaksanakan agar pelajar maupun santri bisa segera melakukan PTM.

“Kita harapkan setelah divaksin, anak-anakku semuanya baik para pelajar maupun santri bisa melakukan PTM kembali. Tetapi kalau level kota dan kabupatennya sudah level 3, silakan belajar tatap muka. Tentunya dengan protokol kesehatan (prokes), utamanya memakai masker. Itu titipan saya,” beber Mantan Gubernur Jakarta ini.

Salah satu santri di Pondok Pesantren Nurul Ali Magelang mengapresiasi bantuan dari pemerintah terkait vaksinasi untuk santri dan pelajar.

“Alhamdulillah atas berkat bantuan Bapak, kami sudah bisa melaksanakan pembelajaran dengan aman dan bepergian. Saya berharap banget sama Bapak, supaya Bapak meningkatkan lebih kualitas entrepreneur dari bidang bisnis sekolahan. Sehingga kita tidak bergantung kepada pemerintah Pak. Setelah pulang dari Ponpes, kita memiliki ilmu kemandirian dalam bisnis wirausaha,” kata Ahmad, salah satu Santri Pondok Pesantren Nurul Ali Magelang.

Kepada Jokowi, Ahmad juga mengatakan di Ponpes Nurul Ali Magelang, belum ada komunitas Balai Latihan Kerja (BLK).

“Sampai saat ini masih menunggu kapan ini BLK sampai ke Ponpes. Saya yakin setelah ini Pak Jokowi menunjuk, ini loh Ponpes Nurul Ali,” kata Ahmad.

Merespons hal itu, Jokowi langsung menyatakan akan segera membangun BLK Komunitas di Ponpes Nurul Ali. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan ilmu kewirausahaan bagi para santri.

Sementara itu, dalam vaksinasi door to door, vaksinasi santri, dan vaksinasi pelajar yang digelar BIN secara serentak di 10 provinsi, dengan total 107.000 dosis. Selain Jawa Tengah, vaksinasi juga dilaksanakan di 9 provinsi lainnya, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Sementara itu, di luar agenda yang telah direncanakan, Presiden Jokowi menyempatkan diri menaiki perahu rakyat, untuk menyeberangi sungai agar dapat bertemu dengan warga.

Kejadian tersebut berlangsung di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/09), di mana Presiden Jokowi diagendakan untuk menanam pohon mangrove bersama rakyat.

Presiden Jokowi terlihat menaiki perahu bersama tiga nelayan dan hanya didampingi oleh Komandan Grup A Paspampres Anan Nurakhman.

Usai melakukan penanaman mangrove, Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar di SMA Negeri 2 Cilacap. Selain di SMA Negeri 2 Cilacap, Presiden juga akan meninjau kegiatan vaksinasi bagi masyarakat di Kampung Nelayan Sentolo Kawat, Kecamatan Cilacap Selatan.

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden akan terlebih dahulu menuju Pantai Kemiren, Kecamatan Cilacap Selatan, untuk melakukan kegiatan pelepasan tukik. Setelahnya, Presiden bersama rombongan akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandar Udara Tunggul Wulung, Kabupaten Cilacap. (HS-08)

Share This

Presiden Jokowi: Indonesia Berupaya G20 Bekerja untuk Kepentingan Semua Negara

Hingga Agustus 2021, Penjualan Mobil Nasmoco Capai 10.700 Unit