in

“Kumham Peduli Kumham Berbagi”, Lapas Terbuka Kendal Serahkan Bantuan Untuk Masyarakat Sekitar

Penyaluran bantuan dari Lapas Terbuka Kendal, kepada warga Desa Wonosari dan Bangunsari dalam program “Kumham Peduli Kumham Berbagi”.

 

HALO KENDAL – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, di tengah masa pandemi Covid-19 terus berupaya membantu masyarakat. Upaya ini diwujudkan dengan kepedulian dengan menyalurkan bantuan melalui kegiatan “Kumham Peduli Kumham Berbagi”, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan sosial ini ditandai dengan seremoni yang dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan UPT di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM secara virtual.

“Insan pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial ‘Kumham Peduli, Kumham Berbagi’, mencoba turut berempati kepada masyarakat dan ASN Kemenkumham yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Yasonna saat memberikan bantuan sosial secara simbolis.

Menurut Menkumham, melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat Kemenkumham memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar Rp 700 juta.

“Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19,” ungkap Yasonna.

Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal menyalurkan bantuan kepada masyarakat di dua desa sekitar, yaitu Desa Wonosari dan Bangunsari.

Turut hadir dalam kegiatan virtual “Kumham Peduli Kumham Berbagi” yang digelar di Pendopo Lapas Terbuka Kendal, empat ketua RT dari Desa Wonosari dan Bangunsari.

Kalapas Terbuka Kendal melalui Kasubbag Tata Usaha dan Kasi Admin Kamtib menyerahkan paket bantuan berupa sembako secara simbolis kepada Ketua RT.

“Kami serahkan 50 paket sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19, semoga meskipun sedikit kami harap dapat membantu meringankan beban masyarakat,” ujar Kasubbag Tata Usaha Lapas Terbuka Kendal, M Ghina Soekarna.

Sementara itu, Waliyadi, Ketua RT 03 RW 07 Desa Wonosari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, yang telah menyalurkan bantuan keada warganya.

Terima kasih bapak Menteri Yasonna. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Karena kebetulan warga sekitar kami ada yang sedang menjalani isoman,” ungkapnya.

Paket bantuan selain diserahkan kepada masyarakat sekitar Lapas, juga diberikan kepada Petugas Lapas Terbuka Kendal, khususnya kepada yang keluarganya sedang menjalani isolasi mandiri.(HS)

Share This

Punya Hobi Berpetualang Dengan Sepeda Motor

Menipisnya Stok Vaksin di Semarang Jadi Perhatian Kantor Staf Presiden