in

Kukuhkan Paskibra, Bupati Purworejo : Nasionalisme Harus Terjaga

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, ketika mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tahun 2021 Kabupaten Purworejo, Jumat (13/08) di Ruang Arahiwang. (Foto : Purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, meminta agar misi para anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra), tidak berhenti pada momentum 17 Agustus. Mereka harus mampu menjaga semangat nasionalisme dan memberikan pengaruh positif pada masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati ketika mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tahun 2021 Kabupaten Purworejo, Jumat (13/08) di Ruang Arahiwang.

Hadir mendampingi Bupati Purworejo, antara lain Kepala Dindikpora Sukmo Widhi Harwanto SH MM, Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama SSTP MM, serta pengampu dan anggota Paskibra yang dilantik.

“Satu hal yang perlu ditanamkan dalam sanubari, bahwa misi Paskibraka tidak berhenti pada momentum 17 Agustus saja. Jiwa nasionalisme, kepeloporan, serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu terjaga dan terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan harus memberi pengaruh positif bagi rekannya dan masyarakat luas,” tegas Bupati, seperti dirilis Purworejokab.go.id.

Dijelaskan bahwa upacara Pengukuhan Paskibra merupakan suatu bagian dari proses berkelanjutan, mulai dari seleksi ketat, pelatihan yang cukup berat, sampai disahkan dan menyandang predikat sebagai Pasukan Pengibar Bendera.

Pengukuhan ini juga merupakan wahana penanaman rasa kebanggaan dan kehormatan, dalam pelaksanaan tugas negara, yakni pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. pertanggungjawaban dari kepercayaan dan kehormatan itu, hendaknya diwujudkan dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, tidak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk mengemban misi yang mulia ini. Oleh karena itu, apa yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus mendatang agar menjadi tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik bangsa.

Dalam kesempatan itu, juga Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibra yang baru saja dikukuhkan. “Teriring harapan, semoga pada saatnya nanti dapat melaksanakan tugas yang dibebankan sebagai anggota Paskibra dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Lebih lanjut bahwa Peringatan HUT Kemerdekaan sudah dua kali dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19. Hanya  kegiatan-kegiatan pokok yang bisa kita laksanakan, sedangkan kegiatan pendukung seperti karnaval, lomba-lomba, pentas seni dan lainnya terpaksa ditiadakan.

“Namun kesemuanya itu semoga tidak mengurangi makna dan kekhidmatan peringatan hari bersejarah ini,” harapnya.

Bupati mengakui, bahwa beragam pembatasan dalam masa pandemi Covid-19, juga membuat kiprah anggota Paskibra tidak bisa disaksikan oleh masyarakat luas. Bahkan untuk sekadar menampakkan seluruh wajah, juga tidak bisa karena harus mengenakan masker.

“Namun sorot mata seluruh anggota Paskibra, menyiratkan semangat yang membara, sebagai pewaris jiwa patriot dari para pahlawan kusuma bangsa, untuk dapat melaksanakan tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan sebaik-baiknya,” tegas Bupati.

Pada akhir sambutanya, Bupati juga berpesan agar anggota Paskibra menjaga kesehatan, memperhatikan pola makan, dan tetap fokus pada tugas masing-masing. Dengan demikian, tugas penting pada pagi hari dan sore hari, pada 17 Agustus nanti, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (HS-08)

Share This

Serahkan Bantuan Paket Makanan Untuk Ibu Hamil, Bupati Sukoharjo Berpesan Tetap Prokes 5M

Presiden Jokowi Minta Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Protokol Kesehatan