in

Kukuhkan Paskibra Boyolali 2021, Wabup Minta Semangat Juang Diwarisi

Wakil Bupati Wahyu Irawan memberikan ucapan selamat kepada delapan anggota Paskibra tahun 2021 setelah selesai dikukuhkan di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali. Jumat (13/08). (foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan meminta agar para anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) di Boyolali, mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Wabup Wahyu Irawan, ketika mengukuhkan delapan anggota Paskibra di ruang Merbabu kantor Bupati Boyolali.

“Saya harapkan adik-adik pasukan pengibar bendera ini, mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan, tidak sampai di sini saja. Tunjukkan pada bangsa dan negara, bahwa adik-adik semuanya mampu ikut berjuang mengisi kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan,” kata dia seperti dirilis Boyolali.go.id.

Ditambahkan olehnya, bahwa para anggota Paskibra harus terus berjuang untuk terus belajar. Bukan hanya belajar tentang ilmu pengetahuan, namun juga belajar tentang norma dan budi pekerti yang baik.

“Kelak suatu pemimpin yang hebat itu tidak hanya pintar, tetapi juga berbudi pekerti dan berakal yang baik,” kata Wabup Iwan.

Sementara itu upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Alun-alun Kidul Boyolali, akan digelar secara sederhana. Petugas upacara pun dibatasi jumlahnya, tak terkecuali Paskibra.

Paskibraka terpilih merupakan hasil seleksi dari siswa-siswi seluruh SMA/SMK se-Kabupaten Boyolali.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Boyolali, Suratno menjelaskan, delapan anggota paskibra tersebut merupakan hasil seleksi dari 20 siswa setingkat SMA yang mendaftar.

“Untuk perekrutan anggota paskibra tahun 2021, ada pendaftar sebanyak 20 orang, dan salah satu di antaranya lolos untuk menjadi anggota tim paskibra tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya dari 19 orang yang ada, kemudian diseleksi untuk perekrutan tim paskibra Kabupaten Boyolali tahun 2021 sebanyak delapan orang,” kata Suratno.

Adapun siswa-siswi yang terpilih menjadi Paskibra tingkat Kabupaten Boyolali Tahun 2021 yaitu Bima Tri Kurniawan dari SMA 1 Teras; Haniv Andika SMA 1 Wonosegoro; dan Dwi Rahayu dari SMA 3 Boyolali, yang akan bertugas mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pagi hari.

Selanjutnya Faiz Pribadi dari SMA 2 Boyolali, Salahudin Prabowo dari SMA BK 2 Boyolali, dan Fina Malida dari SMA  1 Wonosegoro sebagai petugas pada upacara penurunan bendera pada sore harinya.

Dan dua orang lainnya yang bertugas sebagai cadangan adalah Putra Agus Fadiyansah dari SMA 1 Klego, dan Nabila Paramita Azzahra dari SMA 1 Boyolali.

Mengenai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Suratno menegaskan hanya dilaksanakan di tingkat Kabupaten. Pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat tidak melaksanakan upacara, guna mencegah penularan Covid-19.

“Kami mengimbau untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Boyolali, baik di tingkat kecamatan maupun di desa untuk tahun ini tidak dilaksanakan upacara, mengingat kondisi pandemi Covid yang masih demikian tinggi tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang anggota paskibra yang berasal dari SMAN 3 Boyolali, Dwi Rahayu merasa sangat senang dan bangga atas terpilihnya menjadi pembawa bendera pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tingkat Kabupaten Boyolali. Siswi kelas X ini mengaku sudah menjalani latihan terpusat di tingkat Kabupaten sejak Selasa (10/8/2021).

“Untuk saat ini saya sangat senang, saya sangat bangga kepada diri saya sendiri dan saya berusaha untuk semaksimal mungkin untuk mengibarkan bendera dengan baik dan benar,” ungkapnya singkat. (HS-08)

Share This

Pemkot dan Muhammadiyah Surakarta Gelar Vaksinasi Tahap Ke-2

Vaksinasi Di Pendopo DTW Curug Sewu Bagi Warga Patean Kendal