KPU Tetapkan Jumlah Daftar Pemilih Sementara Kota Semarang Sebanyak 1.180.211 Jiwa

Komisioner KPU Kota Semarang menandatangani berita acara Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran dan Penetapan DPS Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang tahun 2020, Rabu, 9 September 2020.

 

HALO SEMARANG – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Semarang tercatat sebanyak 1.180.211 jiwa.

Jumlah DPS Kota Semarang tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, usai rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran dan Penetapan DPS Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang tahun 2020, di Semarang, Rabu (9/9/2020).

Dari total 1.180.211 jiwa ini, kata Nanda, terdiri atas 572.335 calon pemilih pria dan 607.876 perempuan. “Yang tersebar di 117 Kelurahan dan 16 Kecamatan serta 3447 TPS yang ada di Kota Semarang,” ujar Nanda.

Setelah tahapan ini, lanjut Nanda, jumlah DPS akan diumumkan secara resmi oleh KPU dan diserahkan kepada instansi terkait seperti Bawaslu, Disdukcapil, dan parpol.

“Untuk kemudian dimintakan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Yakni, akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020 sampai 28 September 2020,” kata Nanda.

Tujuan dari menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat, lanjut Nanda, adalah terkait untuk pemuktahiran DPS yang sudah ada tersebut.

“Misalnya ada perubahan data warga, warga meninggal, pindah domisili, atau perubahan status atau pensiun dari TNI, Polri, yang kini memiliki hak pilih. Atau sebaliknya dari warga sipil berubah menjadi TNI, Polri. Atau pemilih pemula yang pada bulan Desember mendatang telah berusia 17 tahun,” tuturnya.

Tahapan selanjutnya, kata Nanda, dari DPS ini nantinya untuk penetapan pemilih tetap (DPT) pihaknya akan melaksanakan rapat pleno lagi.

“Yakni untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP). Kemudian kalau sudah ada tanggapan lagi, baru ditetapkan. Sekitar bulan Oktober 2020 hasil DPT itu ditetapkan,” pungkas Nanda.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.