in

KPU Kota Semarang: Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Berjumlah 1.176.457 Jiwa

Suasana kegiatan rapat koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) digelar KPU Kota Semarang, Selasa (29/6/2021).

 

HALO SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mengadakan rapat koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode bulan Juni 2021. Kegiatan Rekapitulasi PDPB dimulai pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.00 bertempat di Aula KPU Kota Semarang secara daring/Zoom Meeting.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, rekapitulasi dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Semarang.

Dan daftar pemilih berkelanjutan merupakan tindak lanjut dari SE KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 tanggal 4 Februari 2021, dan surat nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

“Setiap bulan KPU Kota Semarang berkoordinasi dengan stakeholder, yaitu Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI, Polri, dan masyarakat. Tujuannya untuk mendapatkan data pemilih baru, data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan data pemilih,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Semarang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Ahmad Zaini mengatakan, dalam rangka mensukseskan PDPB tahun 2021 perlu kerja sama dan koordinasi dengan semua stakeholder secara kontinyu dan intensif. Selain itu peran serta masyarakat luas sangat dibutuhkan.

“Masyarakat diharapkan bisa menyampaikan atau melaporkan kepada KPU Kota Semarang apabila terdapat putra putrinya yang sudah berusia 17 tahun, keluarganya atau warganya yang meninggal. Warga pindahan masuk atau keluar kota semarang, juga apabila ada perubahan elemen data pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan sebelumnya,” harapnya.

Hasil rekapitulasi, lanjut dia, daftar pemilih berkelanjutan pada bulan Juni tahun 2021 mengalami penurunan dari bulan Mei 2021. Hal ini dikarenakan adanya penambahan data kematian.

“Masyarakat yang akan menyampaikan laporan dan perubahan data pemilih dapat menyampaikan langsung ke Kantor KPU Kota Semarang atau bisa klik di bit.ly/DPBKotaSemarang. Adapun jumlah rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan bulan Juni 2021 sejumlah 1.176.457 pemilih,” paparnya.(HS)

Share This

Liga 1 Ditunda, Yoyok Sukawi Ajak Semua Pihak Hormati Keputusan

Sopir Ngantuk, Truk Pengangkut Buah Tabrak Truk Bermuatan Pasir